Kategori: Nasional

Kebahagiaan Penerima Bantuan UMKM, Ibarat Dapat Minum di Tengah Padang Pasir


Solopos.com/Nugroho Meidinata

Solopos.com, SOLO -- Total ada 12 juta penerima bantuan UMKM senilai Rp2,4 juta.

Dari 12 juta penerima bantuan tersebut, mereka mengaku bahagia, seperti yang dirasakan oleh Narsih, Suwanti dan Iis Suminar.

Setop Penularan Corona, 3 Kecamatan di Karanganyar Keluarkan Surat Ketentuan Hajatan

Narsih yang sehari-harinya berjualan jamu keliling ini mengatakan bantuan senilai Rp2,4 juta itu merupakan jawaban dari kesulitan yang ia alami selama pandemi Covid-19 ini.

"Saya sudah 25 tahun menjalankan usaha jamu keliling. Kemarin saya dapat bantuan produktif Rp2,4 juta itu alhamdulillah. Memang setiap kesulitan akan ada jalan keluarnya,” kata dia dalam rilis dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) yang diterima Solopos.com pada Selasa (22/12/2020).

Peneliti Vaksin Covid-19 Rusia Meninggal Jatuh dari Lantai 14

Tidak hanya Narsih, penerima bantuan UMKM lainnya, Suwanti, seorang pengusaha kerajinan tangan juga mengatakan senang dengan bantuan tersebut.

Dalam ceritanya, ia mengaku harus membuat terobosan agar usaha dan kesejahteraan para pengerajinnya bisa kembali maju seperti sebelum pandemi.

Bocah Balita Tantrum Telungkup di Jalan, Sikap Orang Tua Jadi Sorotan

“Kreasi ini identik dengan pesta, berkaitan dengan pandemi, pesta jadi tidak ada. Akhirnya usaha kami mati total," papar Suwanti.

Ibarat Dapat Minum di Padang Pasir

Tidak berhenti karena keadaan, Suwanti pun membuat usaha baru dengan berjualan makanan ungkep dari daging burung puyuh. Hal tersebut untuk menyiasati produksi kerajinan tangan yang terhenti karena pandemi. Beruntungnya, Suwanti mendapatkan bantuan UMKM.

Komnas Perempuan: Kekerasan Terhadap Perempuan Meningkat

“Mendapat bantuan sebesar Rp2,4 juta itu bagi saya khususnya seperti mendapat air minum di tengah padang pasir, senang sekali," ujar Suwanti.

Tidak berbeda jauh dengan Narsih dan Suwanti, Iis Suminar, pedagang gado-gado ini juga merupakan sosok ibu yang tidak menyerah pada keadaan. Sebagai salah satu penerima manfaat bantuan UMKM, Iis juga memanfaatkannya untuk meningkatkan usahanya demi menjaga ketahanan
ekonomi keluarganya.

Tak Terpengaruh Pandemi, Investasi Rp7,2 Triliun Masuk Sukoharjo Juli-September 2020

“Mendapat bantuan Rp2,4 juta tersebut saya akhirnya bisa memperlebar tempat atau meja usaha, sekaligus di situ saya tambahkan usaha menjual gorengan," terang Iis.

Kasus Rizieq Syihab Dilucuti dari Polda Metro & Polda Jabar

Share
Dipublikasikan oleh
Nugroho Meidinata