SOLOPOS.COM - FESTIVAL MEMEDI SAWAH YOGYAKARTA

FESTIVAL MEMEDI SAWAH YOGYAKARTA

FESTIVAL MEMEDI SAWAH YOGYAKARTA

Kearifan lokal bukan hanya dilestarikan masyarakat desa saja. Siswa SMK Bansari Temanggung juga ikut melestarikan salah satu kearifan lokal lewat festival memedi sawah  

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

 

Ekspedisi Mudik 2024

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Bansari Kabupaten Temanggung menyelenggarakan festival Memedi Sawah yang diikuti pelajar dan masyarakat umum.

Festival yang dibuka oleh Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi di Temanggung, Sabtu (23/5/2015) tersebut untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa di sekolah tersebut ada program studi Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Pada festival tersebut terdapat puluhan memedi sawah hasil karya pelajar maupun masyarakat umum yang dilombakan. Memedi sawah merupakan replika manusia yang terbuat dari bahan bekas yang biasa dipasang petani di sawah untuk mengusir burung.

Kepala SMKN Bansari Tri Setyobudi mengatakan para peserta antusias mengikuti kegiatan ini, mereka cukup kreatif untuk menampilkan karya-karyanya.

“Harapan kami dengan kegiatan ini agar para peserta mensyukuri anugerah Tuhan YME yang telah dikarunia kecerdasan otak yang digunakan untuk berpikir aktif dan kreatif, menciptakan karya yang bermakna,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan perlu diketahui bahwa sukses itu dimulai dari menekuni hal-hal yang kelihatannya remeh, namun dengan membiasakan mengasah otak, menyelesaikan persoalan kecil, latihan berkreasi, menciptakan ivovasi baru. Jika hal ini ditekuni pada gilirannya nanti akan mampu menciptakan ide-ide yang cemerlang yang mengahasilkan karya besar untuk kepentingan manusia.

Ia mencontohkan di bidang pertanian sekarang suadah ada bioteknologi, yakni tumbuhan dapat direkayasa sehingga tanaman dapat diperlakukan sesuai kebutuhan manusia. Diciptakan tanaman padi yang biasanya ditanam di dataran rendah menjadi bisa ditanam di dataran tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya