SOLOPOS.COM - Ilustrasi petugas Linmas (JIBI/Solopos/Dok)

Kemananan Solo terus ditingkatkan. Pos pengamanan Solo ditambah dua unit.

Solopos.com, SOLO — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Solo menambah dua titik pos pengamanan di wilayah Kota Bengawan. Kedua titik pos tersebut berada di simpang empat Pasar Kembang dan Jl. Pakubuwono Gladak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasi Bina Potensi Masyarakat Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP Solo, Hari Siamto, mengatakan tambahan dua titik pos pengamanan melengkapi 14 titik pos pengamanan reguler di Solo yang telah ditentukan Pemkot sejak Mei 2014.

Penambahan titik pos pengamanan, lanjut dia, bisa lebih mengondisikan situasi wilayah perkotaan. “Penentuan titik pos pengamanan berdasar pada pemilihan tempat-tempat di Solo yang dinilai paling rawan terjadi gejolak, baik itu berupa aktivitas warga biasa, arus lalu lintas, hingga indikasi terjadi tindak kejahatan,” kata Hari saat berbincang dengan Solopos.com di sekitar Gladak, Jumat (12/6/2015) siang.

Ekspedisi Mudik 2024

Hari menyampaikan selama ini 14 titik pos pengamanan dijaga sedikitnya oleh 3 petugas linmas sampai 5 petugas linmas per sif. Menurut dia, titik pos pengamanan terus dikawal petugas linmas kota selama dua sif, yakni sif I mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB dan sif II dari pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

“Dua titik pos pengamanan baru terus kami pantau. Apakah efektif jika ditempatkan petugas linmas? Jadi, mereka [petugas linmas] bakal rutin berjaga. Mereka juga diimbau untuk bisa membantu dalam pengaturan arus lalu lintas sekaligus melaporkan jika ditemukan aktivitas PGOT,” ujar Hari.

150 Petugas Linmas

Hari menyebut total personel linmas tingkat kota Solo berjumlah 150 orang. Ratusan pekerja tetap itu, lanjut dia, harus dibagi secara berkelompok untuk melakukan penjagaan di setiap titik pos pengamanan. Selain itu, sebagian kecil dari mereka juga diminta untuk rutin melakukan patroli dengan berkeliling wilayah Solo.

“Jumlah linmas [tingkat] kota tidak terlalu banyak tapi bisa dikatakan masih cukup. Namun, guna melakukan pengamanan di daerah-daerah khususnya, kami tentu membutuhkan dukungan dari petugas linmas di kelurahan-kelurahan,” ujar Hari.

Hari menyampaikan proses pengalaman di dua titik pos pengamanan baru, yakni di simpang empat Pasar Kembang dan Jl. Pakubuwono, Gladag direncanakan juga melibatkan tenaga petugas linmas tingkat kelurahan. Semakin banyak yang melakukan pengamanan, lanjut dia, kondisi lingkungan kian terkendali.

“Petugas linmas dari Kelurahan Kauman, Kedunglumbu, dan Kampung Baru terlibat proses pengamanan di Jl. Pakubuwono, Gladag. Sedangkan, kami sudah meminta agar Kelurahan Penularan, Sriwedari, dan Kemalyan juga bisa mengirimkan petugas linmas di simpang empat Pasar Kembang,” jelas Hari.

Petugas linmas dari Kedunglumbu, Suyanto, 50, mengaku siap jika harus bertugas melakukan pengamanan di Jl. Pakubuwono, Gladag. Hanya saja, lanjut dia, petugas linmas kelurahan yang bertugas di Jl. Pakubuwono, Gladag diprediksi mengeluarkan tenaga dan ongkos lebih ekstra.

14 Titik Pos Pengamanan di Solo
1. Panti waluyo
2 Center Point atau Gendengan
3. Ngapeman
4. Pasar Nonongan sampai Ngarsupuro
5. Simpang empat Pasar Kliwon
6. Perempatan Sangkrah
7. Warung pelem,
8. Simpang empat Jagalan
9. Simpang empat Panggung, Jebres
10. Perempatan Tekelan
11. Stadion Manahan
12. Patung Wisnu
13. Simpang empat Sumber
14. Taman Sekarataji

Titik Pos Pengamanan Baru
1. Jl. Pakubuwono, Gladag
2. Simpang empat Pasar Kembang

Jumlah Petugas Linmas Tingkat Kota Solo: 150 orang.
Satu titik pos pengamanan rata-rata dijaga 3 personel linmas sampai 5 personel linmas.
Setiap personel linmas bekerja 26 hari dalam sebulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya