SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Pelanggaran dan kegiatan ilegal di wilayah laut masih banyak terjadi. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto meminta agar keamanan dan keselamatan di wilayah laut dapat lebih ditingkatkan. Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kalakhar Bakorkamla Laksamana Madya Y Didik Heru Purnomo, Kamis (15/12) di  Graha Jala Puspita, Jakarta Pusat, Djoko mengatakan dinamika perubahan global, regional dan nasional hadirkan tantangan bagi Indonesia untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di laut. Menurut Djoko permasalahan maritim merupakan isu menonjol karena negara-negara mulai memandang laut sebagai sumber daya alam yang dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa.

Selain penetapan batas lanjutnya berbagai kepentingan negara lain tentang laut khususnya dalam kegiatan transportasi, komunikasi dan pencemaran laut turut membuat laut sebagai isu dominan di kawasan regional dan internasional. Lokasi geografis strategis di antara dua benua dan dua samudra menjadikan Indonesia menjadi sangat penting bagi perekonomian dunia. Djoko menambahkan perlu dimaksimalkan sinergitas banyaknya instansi terkait keamanan laut dan perairan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Peran Bakorkamla dirasa sangat penting dalam pengelolaan keamanan laut untuk mensinergikan peraturan perundang-undangan di masing-masing instansi. [dtc/ard]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya