Ke Korea Selatan akan Langsung dari Bandara Adi Soemarmo Solo?

Ke Korea Selatan akan Langsung dari Bandara Adi Soemarmo Solo?

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia di landasan pacu Bandara Adi Soemarmo Solo di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Bukan tidak mungkin, terbang untuk liburan ke Korea Selatan bisa langsung dari Bandara Adi Soemarmo Solo.

Solopos.com, SOLO -- PT Angkasa Pura Bandara Adi Soemarmo Solo punya target yang cukup agresif tahun ini. Bandara di sebelah barat Kota Solo membidik rute penerbangan langsung ke Asia dan Australia, khususnya Korea Selatan.

Bandara yang tahun lalu mencatatkan rekor keuntungan senilai Rp3 miliar itu bahkan sudah berjualan Solo hingga Okinawa Jepang untuk membuka peluang penerbangan langsung ke salah satu negara di wilayah Asia. Korea adalah peluang terbesar.

Hal itu terungkap dalam Pra Collaborating Destination Development (CDD) 2018 di Kantor PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Jumat (23/2/2018). Manajemen bandara sudah berkomunikasi secara intensif dengan Association of Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) Jawa Tengah untuk memanfaatkan peluang ini. Apalagi, wisatawan Indonesia banyak yang berminat mengunjungi Korea Selatan.

“Dari promosi kami di Okinawa Jepang, saya berharap satu bisa tembus tahun ini, entah itu Jepang, Korea, Beijing, Bangkok. Seminggu sekali atau sebulan sekali nggak apa-apa. Tapi untuk yang ke Korea ini, sudah kami tawarkan kepada Asita Jateng karena kebetulan biro-biro anggota Asita Jateng ini rupanya banyak yang punya paket ke Korea,” kata General Manager (GM) Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman.

Penerbangan langsung ke Korea ini bisa memanfaatkan pesawat milik Garuda Indonesia yang selama ini dioperasikan untuk penerbangan umrah. “Ada satu hari yang kosong, Rabu, itu nanti bisa untuk ke Eropa,” tutur dia.

Untuk rute penerbangan langsung ke Australia, Usman juga sedang berkomunikasi intensif dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. “Bisa langsung ke Darwin, Sydney, atau Auckland, satu saja.”

Selain membidik rute-rute baru khususnya untuk penerbangan Internasional, manajemen bandara juga mengungkapkan kembali rencana Citilink yang akan menambah rute penerbangan dari Solo.

“Enam rute itu, dua di antaranya ke Cengkareng, ada ke Bali, Palangkaraya, Banjarmasin. Kemudian Sriwijaya Air juga kami dorong memperpanjang rute Makassar untuk sekalian ke Jayapura,” tutur dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Antisipasi Keramaian, Pemkot Solo Swab Acak Pengunjung di 3 Mal

Pemerintah Kota Solo melakukan swab acak kepada pengunjung dan pegawai di tiga mal Kota Solo pada Senin (10/5/2021) sore.

GEMBIRA, Rahasia Kak Seto Bisa Parkour di Usia 70 Tahun

Di usia nyaris 70 tahun, Kak Seto masih sanggup parkour.

Resmi! KPK Nonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, bersama 74 pegawai KPK lainnya dinyatakan tidak lolos TWK dan dinonaktifkan KPK.

Ganjar Perkirakan Kasus Covid-19 di Jateng Bakal Naik Seusai Lebaran

Seluruh kepala daerah tidak boleh lengah, meski pun kasus Covid-19 di Jateng tengah mengalami tren menurun.

Memoles Perhiasan Lama Terlihat Gilap Seperti Baru, Catat Tipsnya!

Memoles Perhiasan Lama Tampak Gilap Seperti Baru

Keracunan Massal Karangpandan: 29 Orang Masih Dirawat Di RS Dan Puskesmas

Sebanyak 29 orang dari total 55 korban keracunan massal Puntukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, masih dirawat di RS dan puskesmas

Wisatawan Luar Daerah Boleh Piknik ke Objek Wisata Klaten Saat Lebaran 2021

Pemkab Klaten tidak membatasi daerah asal pengunjung yang ingin datang ke objek wisata di wilayah Kabupaten Bersinar saat Lebaran 2021.

Pemudik Ini Tiba-Tiba Kesurupan saat Dihentikan Petugas di Pos Penyekatan

Dalam video itu terlihat seseorang yang memakai ikat batik berteriak sambil melakukan gerakan tak biasa.

Mengenal Prepekan, Tradisi Berbelanja Jelang Lebaran di Pasar Tradisional

Dalam tradisi menjelang Lebaran di wilayah Sragen ada istilah yang dikenal dengan sebutan prepekan. Tradisi prepekan itu adalah tradisi orang Jawa berbelanja ke pasar untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran.

Plosorejo Karanganyar Sempat Masuk Zona Merah Covid-19, Ternyata Klaster Ini Penyebabnya

Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih, Karanganyar, sempat masuk zona merah risiko Covid-19 karena ada satu klaster dengan 18 kasus positif.

Ini Kriteria Botol Air Minum Kemasan yang Aman dan Sehat

Sebagai pembeli kita harus jeli memperhatikan kualitas botol air minum kemasan.

Zona Merah dan Oranye Dilarang Gelar Salat Id Berjemaah, Ini 12 Daerah Zona Merah di Indonesia

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan setiap kegiatan ibadah seperti salat tarawih, salat id, zakat, khutbah, dan iktikaf dilarang digelar di zona merah dan zona oranye.