Gubernur Ganjar Pranowo menyambangi warga Jawa Tengah yang menjadi transmigran di Kalimantan Tengah. (Antara-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (8/11/2019), menyambangi para transmigran asal beberapa kabupaten di Jateng yang telah bertransmigrasi di Hiyang Bana SP 1, Kecamatan Tasik Payawan, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Ganjar yang tiba di lokasi transmigrasi warga Jateng dengan didampingi Wakil Bupati Katingan Sunardi dan Asisten II Pemprov Kalteng Nurul Edy langsung disambut warga dengan sukacita. Para transmigran berdiri berjajar rapi sambil berebut bersalaman dengan orang nomor satu di Jateng itu. Sambil bersalaman, mereka spontan menyebutkan asal daerah masing-masing.

Sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara dari Humas Pemprov Jateng, Sabtu (9/11/2019), Gubernur Ganjar Pranowo luwes mengajak dialog warga dan mengajak perwakilan warga asal Jateng bernyanyi dangdut bersama. Selain itu, Ganjar juga menyempatkan diri untuk memberikan motivasi dan berdialog dengan warga.

Warga transmigran dengan antusias menyampaikan kisah sukses, suka duka, dan keluhan selama menjadi transmigran di Kalteng. Ganjar mengatakan bahwa Pemprov Jateng selalu memantau semua warganya yang bertransmigrasi ke daerah lain.

Dia mengakui di berbagai lokasi transmigrasi pasti ada masalah yang muncul, namun dengan komunikasi dan koordinasi, masalah-masalah itu bisa diselesaikan. "Makanya kami akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat termasuk Kalteng ini agar masalah-masalah itu selesai. Tidak menutup kemungkinan nantinya menggandeng instansi lain, bisa perguruan tinggi dan swasta untuk menyelesaikannya," ujarnya.

Menurut Ganjar Pranowo, persoalan warga transmigran bukan persoalan satu wilayah saja, tapi menjadi masalah bersama yang harus segera diselesaikan. "Inilah artinya merawat Indonesia, maka saya terima kasih kepada pemerintah Kalteng yang telah menerima warga kami dengan baik. Saya optimistis 20 tahun yang akan datang warga Jateng yang ada disini bisa menikmati hasilnya karena sudah banyak contoh transmigran yang sukses seperti di Sumatera dan Sulawesi," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten