SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat langsung kondisi terkini aliran Bengawan Solo di Kabupaten Blora, Jateng, Kamis (12/12/2019). (Antara-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek langsung kondisi terkini pencemaran aliran Bengawan Solo di Kabupaten Blora, Jateng, Kamis (12/12/2019). Kondisi pencemaran aliran Bengawan Solo di Blora itu sempat viral beberapa waktu lalu

Di sela-sela kunjungan kerja di Kabupaten Blora, Gubernur Ganjar Pranowo turun dari bantaran ke tengah-tengah sungai dan mendekati aliran air yang sebelumnya berwarna hitam pekat. Menurut dia, kualitas aliran air Bengawan Solo sudah membaiknya.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Kondisi aktual itu, sambung dia, tidak terlepas dari upaya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Berbagai pihak dipertemukan, termasuk perusahaan-perusahaan yang beroperasi di sekitar sungai terpanjang di pulau Jawa itu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sehingga hari ini lumayan lebih baik, mudah-mudahan ada efek dari pertemuan ketika semua berkumpul di provinsi,” katanya.

Ganjar Pranowo mengakui beberapa waktu lalu pihaknya menemukan indikasi pembuangan limbah menggunakan truk. Namun, kondisi secara keseluruhan aliran Bengawan Solo, khususnya di Blora sudah kini membaik.

“Kondisinya tadi relatif lebih baik. Ikan-ikan sudah keluar, cuma ketika dikonsumsi perlu proses di PDAM dan hasilnya belum terlalu bagus,” ujarnya.

Guna mengatasi hal itu, Ganjar mengajukan dua langkah antisipatif, yaitu menerima air tersebut karena merupakan kebutuhan dasar dan pemerintah daerah mesti mendorong bagaimana menjernihkan air dengan menggunakan kapur atau arang.

Setelah mengecek di Sungai Bengawan Solo, Ganjar kemudian berkunjung ke kantor PDAM Tirta Amerta di Cepu untuk mengecek proses pengolahan air sampai bisa didistribusikan. Selain itu, Ganjar juga mengecek langsung suplai air di tingkat pelanggan.

Terungkap dalam pengecekan itu bahwa air PDAM sudah mengalir. Sayangnya, air PDAM itu masih terlihat keruh.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya