SOLOPOS.COM - Ilustrasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). (JIBI/Solopos/Dok.)

KDRT di Jateng dicegah DPRD Jateng dengan menggagas Raperda Ketahanan Keluarga.

Semarangpos.com, SEMARANG — DPRD Jawa Tengah menggagas penyusunan rancangan peraturan daerah tentang Ketahanan Keluarga untuk mencegah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penyusunan raperda Ketahanan Keluarga ini diharapkan bisa menjadi payung hukum dan pedoman untuk menyelesaikan masalah sosial seperti KDRT,” kata anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah Rusman di Semarang, Minggu (11/6/2017).

Menurut dia, kondisi masyarakat akan bergantung pada kondisi keluarga sehingga perlu ada pedoman bagi masyarakat dalam mewujudkan keluarga yang baik. Ia menjelaskan bahwa dengan kondisi keluarga yang tenteram dan baik, masyarakat juga akan menjadi baik, namun kalau keluarganya berantakan akan mengakibatkan banyak anak ditelantarkan dan banyak kekerasan dalam rumah tangga sehingga berimbas terhadap kondisi masyarakat pada umumnya.

“Persoalan di masyarakat itukan banyak seperti kekerasan dalam rumah tangga, kasus perceraian, dan kasus penelantaran anak. Untuk memperbaikinya, harus dimulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga,” ujarnya.

Ia mengungkapkan beberapa penyebab mengenai gagalnya rumah tangga di antaranya pernikahan belum dilandasi dengan keilmuan yang cukup, kesiapan yang cukup, dan kurangnya landasan agama. “Hal itu menyebabkan banyak yang nikah usia muda kemudian bercerai di usia muda juga,” kata politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Perda Ketahanan Keluarga itu nantinya akan mengatur adanya motivator keluarga di desa untuk mendampingi dan memotivasi setiap keluarga yang kurang harmonis di masyarakat. “Seperti halnya di Provinsi Jawa Barat, salah satu implementasi Perda Ketahanan Keluarga adalah ada motivator di setiap desa,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya