SOLOPOS.COM - ilustrasi (google.image)

Jakarta (Solopos.com) — Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Tokyo mengirimkan bantuan logistik kepada warga negara Indonesia (WNI) di Sendai, Jepang Utara, Sabtu (12/3/2011) siang.

Hingga berita ini diturunkan, tim KBRI sedang dalam perjalanan menuju Sendai, ibukota Prefektur Miyagi yang merupakan salah satu daerah yang mengalami dampak gempa terparah, demikian siaran pers KBRI.

Tim yang membawa selimut, alas tidur dan bahan makanan terpaksa menggunakan jalur biasa yang padat sehingga semakin mempersulit upaya tim KBRI mencapai lokasi pengungsian. KBRI juga tengah mempersiapkan upaya evakuasi  414 WNI di Miyagi dan Iwate.

Selain itu, pendistribusian logistik bagi 100 WNI, yang mengungsi di sejumlah gereja dan sekolah di kota Warai dan Mito, juga tengah dilakukan oleh tim KBRI Tokyo. Di dua kota itu, ketersediaan logistik sangat terbatas karena toko-toko tutup. Jumlah WNI di seluruh Jepang adalah 25.546 jiwa, demikian KBRI di Tokyo.

Menurut sumber dari perusahaan penyiaran Jepang Nippon Hoso Kyokai (NHK), 1.000 orang dinyatakan hilang, 485 tewas dan 9.000 mengungsi.

Bagi masyarakat Indonesia yang perlu atau memiliki informasi terkait kerabat terkena dampak gempa bisa menghubungi (+81) 90-3132-4994 atau (+81) 90-8742 6346. Atau SMS ke nomor berikut +81 803 506 8612.

(Ant/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya