SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Jepang, mengumumkan keberhasilan tim evakuasi KBRI menyelamatkan 165 WNI. Tim evakuasi mulai mencari 331 WNI yang tinggal di tiga propinsi dengan kondisi rusak terparah yakni Miyagi, Iwate, dan Fukushima.

“Total WNI yang berhasil diselamatkan berjumlah 165 orang sejak terjadinya gempa, menyisakan 331 orang WNI yang masih dicari. Dari yang sudah terdata, seluruh pelajar Indonesia dikonfirmasi selamat,” kata Duta Besar RI untuk Kerajaan Jepang, Muhammad Lutfi, dalam siaran pers, Sabtu (12/3/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Dubes RI, tantangan yang harus dihadapi tim evakuasi tidak bertambah enteng. Tim evakuasi masih harus berjuang keras karena masih ada 331 WNI yang harus ditemukan di tengah cuaca yang sangat dingin.

“Sebelum berangkat subuh tadi, kami berjanji untuk menemukan setiap WNI yang ada di daerah gempa. Tanpa terkecuali, semuanya harus ditemukan. Alhamdullilah saat ini semua pelajar Indonesia sudah dinyatakan selamat,” kata Lutfi.

Saat ini tim evakuasi sudah sampai di pusat gempa di Sendai. Tim akan menyisir semua wilayah yang terkena imbas tsunami.

“Kami sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa tim evakuasi akhirnya berhasil mencapai Sendai, yang merupakan pusat gempa, untuk kemudian menjangkau tiga propinsi yaitu Miyagi, Iwate dan Fukushima, serta berhasil menemukan sejumlah WNI,” tandasnya.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya