KBBI Daring Diakses 5 Juta Orang Setiap Bulan

 Ilustrasi KBBI (Ayu Prawitasari/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi KBBI (Ayu Prawitasari/JIBI/Solopos)

KBBI online atau daring diakses oleh jutaan orang.

PromosiSAFEnet Luncurkan Platform Pengaduan Pelanggaran Hak-Hak Digital

Solopos.com, JAKARTA—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring saat ini sudah diakses 5 juta orang per bulannya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai penyusun KBBI menyadari perlunya masukan berupa tanggapan, kritik, maupun saran dari masyarakat untuk kesempurnaan KBBI.

Melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kemendikbud mengadakan kegiatan Lokakarya Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima di Aula Gedung Samudra, Kantor Badan Bahasa, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Lokakarya Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima diikuti sekitar 40 orang. Mereka berasal dari beragam kalangan, yakni jurnalis, penulis, penyuluh bahasa, peneliti Badan Bahasa, guru, dosen, editor bahasa, dan mahasiswa. Lokakarya bertujuan mengajak anggota masyarakat untuk menelaah konten atau bahan Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima yang sedang disusun.

Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Hurip Danu Ismadi, mengatakan KBBI menjadi acuan penting dalam penggunaan bahasa. Setiap bulannya pengguna KBBI selalu bertambah. Hingga saat ini ada lebih dari 5 juta orang yang mengakses KBBI daring.

“Pemutakhiran KBBI mengacu pada komitmen kita untuk terus memperbaiki KBBI. Kami membutuhkan masukan, ide baru, dan kata baru. KBBI harus dimutakhirkan mengingat bermunculannya kata-kata baru di sekitar kita,” ujarnya saat membuka Lokakarya Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima di Aula Gedung Samudra, Kantor Badan Bahasa, Jakarta, Selasa seperti dilansir website Kemendikbud, Rabu (1/11/2017).

Hurip menuturkan terdapat tiga strategi dalam memutakhirkan KBBI yakni terkait dengan isi KBBI, cara kerja editor, dan cara penyajian KBBI. Berdasarkan data statistik yang diperoleh tim KBBI V, sampai saat ini ada sekitar 4.814 konstribusi bahasa daerah untuk KBBI V.

Kepala Bidang Pengembangan di Pusat Pengembangan dan Pelindungan Badan Bahasa, Dora Amalia, mengatakan kegiatan pada hari itu merupakan kegiatan lanjutan dari lokakarya sebelumnya. Tujuannya meminta saran dan kritik dari para pakar, baik dari segi format maupun pengolahan entri, terutama dalam penyeleksian entri dan pendefinisian. “Pemutakhiran KBBI dilakukan enam bulan sekali, jatuh tiap April dan Oktober setiap tahunnya,” kata dia.

Lokakarya Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima terdiri atas dua sesi yang menghadirkan enam narasumber yaitu Apolonius Lase dari Kompas; Fadjriah Nurdiasih dari liputan6.com; Habib Rifai dari Detikcom; Priyantono Oemar dari Republika; UU Suhardi dari Majalah Tempo; dan Wakhid Nur Effendi dari Majalah Tren Kebaya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

+ PLUS Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

Pencanangan 2022 sebagai tahun toleransi menemukan momentum tepat. Segregasi sosial dan pertentangan luas di masyarakat akibat politik identitas pada 2017 dan 2019 tidak boleh terulang pada 2024.

Berita Terkini

1 Positif-Belasan Lain Reaktif Covid-19, PTM SMP di Mlati Dihentikan

Disdik Sleman menghentikan PTM 100 persen di salah satu SMP di Mlati, Sleman, karena seorang siswa terkonfirmasi positif Corona dan 14 siswa reaktif Covid-19.

B20 Inception Meeting, Upaya Akslerasi Pertumbuhan Ekonomi Global

Dalam Presidensi G20 diupayakan penciptaan ide-ide baru yang diwujudkan melalui berbagai aksi nyata bagi kehidupan masyarakat lintas batas dan lintas negara.

Hidangan Tahun Baru Imlek Ini Dianggap Bawa Keberuntungan

Saat perayaan Tahun Baru Imlek ada beberapa hidangan simbolis yang selalu menghiasi meja makan lantaran dianggap bisa bawa keberuntungan.

Menegangkan! Detik-Detik Pengemudi Mobil Berputar di Samping Jurang

Sosok pria pengemudi mobil melakukan aksi nekat saat berbalik arah di jalan yang sempit dan berada di samping jurang.

Tepergok Curi Kotak Amal di Sukoharjo, Pria Matesih Diamankan Polisi

Setelah diinterogasi oleh saksi, pelaku kemudian mengakui telah nekat mencuri kotak amal masjid.

Gibran Ingin Sentra IKM Pasar Mebel Gilingan Solo Dibikin Seperti IKEA

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ingin agar sentra IKM di lahan Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, bisa dibangun menjadi seperti IKEA.

Timnas Indonesia Gasak Timor Leste, Shin Tae-yong Kok Malah Kecewa

Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan atas Timor Leste dalam laga uji coba dengan skor 4-1. Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong justru kecewa dengan penampilan anak asuhnya.

Desa Wisata di Klaten Harus Bersinergi, Jangan Saling Bunuh

Setiap desa yang memperoleh SK Bupati Klaten dapat menjadi pelopor pengembangan wisata di desa dan di sekitar desa.

Pemkot Madiun Gelontorkan Rp4,7 Miliar untuk Lapak UMKM, Banyak Banget?

Pemerintah Kota Madiun bakal mengalokasikan anggaran Rp4,7 miliar untuk pengembangan dan penyempurnaan lapak UMKM yang ada di kelurahan.

Giliran Partai Gerindra Sragen Laporan Edy Mulyadi ke Polisi

Anggota DPRD dan pengurus DPC Partai Gerindra Sragen melaporkan Edy Mulyadi ke Polres Sragen dengan tuduhan menghinda dan mencemarkan nama baik Prabowo Subianto.

Alfamart dan Nestlé Ajak UKM Bangkit di Festival UKM Sabang-Merauke

Festival UKM ini merupakan upaya Alfamart dan Nestlé untuk membantu dan memberdayakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Indonesia.

Persebaya Surabaya Tanpa 5 Pilar, PSS Sleman Tetap Waspada

Persebaya Surabaya dipastikan tidak bisa diperkuat lima pemainnya ketika menghadapi PSS Sleman pada laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2021.

Jarang Dipakai, Mobil-Mobil Milik Warga Eks Miliarder Tuban Rusak

Setelah sempat menjadi 'crazy rich', warga Tuban kini dikabarkan bangkrut karena dana hasil ganti untung pembebasan lahan yang akan digunakan untuk proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban telah habis.

KPBU Jilid II, Bupati Ajak Investor Bangun 9.900 Titik APJ di Madiun

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, menggandeng investor untuk ikut membangun alat penerangan jalan di 9.900 titik di Kabupaten Madiun.

Meja Makan Bisa Bawa Rezeki untuk Rumah Baru, Begini Cara Penataannya

Perhatikan penerapan fengshui dalam penataan meja makan supaya bawa rezeki untuk seluruh penghuni rumah.