SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Hanya karena terdesak kebutuhan untuk Lebaran, tiga warga Dusun Kamal, Desa Wunung, Wonosari nekat menjarah kayu milik Dinas Kehutanan Propinsi. Para pencuri menggasak enam pohon jati di Hutan Petak 154 RPH Mulo BDH Paliyan, Desa Wunung Wonosari beberapa waktu lalu. Ketiganya Karjiyono, 49, Tarjo Suwito, Gunarto, 39, berhasil diringkus aparat pada Sabtu (21/8) malam di rumah masing-masing.

Informasi yang dihimpun Harian Jogja, Minggu (21/8), ketiga pelaku secara ilegal melakukan penebangan enam pohon jati di kawasan milik Dinas Kehutanan Propinsi itu pada Sabtu (13/8) lalu. Melihat aksi yang membahayakan bagi kelangsungan hutan di Gunungkidul itu, salahsatu saksi Teguh, 49 warga dusun setempat kemudian melaporkan tindak kejahatan itu ke Polres Gunungkidul.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

“Waktu itu kami melakukan pengecekan ke lokasi bersama rekan saya yang lain. Setelah saya investigasi beberapa hari ternyata memang benar pelakunya ketiga tersebut,” ungkap Teguh di hadapan penyidik Polres Gunungkidul.

Jajaran kepolisian kemudian meringkus para pelaku pada Sabtu (21/8) malam dan langsung di gelandang ke Mapolres Gunungkidul guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Ketiga pelaku berharap tidak dijerat dengan hukuman dan berjanji tidak akan melakukan perbuatannya lagi.

Kasatreskrim Polres Gunungkidul, AKP Alaal Prasetyo menyatakan saat ini pihaknya masih mendalami kasus tersebut guna melakukan pengembangan lebih lanjut ada kemungkinan pelaku dan barang bukti lain.

Lebih lanjut Alaal menambahkan enam kayu jati yang dijarah tersebut yakni 1 pohon berdiameter 80 cm, dua pohon berdiameter 70 cm dan tiga pohon berdiameter 60 cm yang saat ini diamankan pihak kepolisian. (Harian Jogja/Sunartono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya