SOLOPOS.COM - Jalur Merapi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA-Kegiatan perbaikan jlaur evakuasi bencana Erupsi Gunung Merapi masih belum pasti waktunya, menunggu pencairan dana penanganan bencana dari pusat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Gatot Saptadi mengaku belum dapat memastikan kapan perbaikan jalur evakuasi itu dilakukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menyebutkan, ada anggaran dari pusat sebesar Rp125 miliar, yang dibagikan ke Kabupaten Sleman, Pemerintah Daerah DIY serta Kabupaten Klaten (Jawa Tengah).

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang sudah lebih dulu terbit, dana itu penggunaannya selama 12 bulan sehingga tidak terbatas sampai tutup anggaran 2013 pada Desember.

“Artinya tidak harus dikejar- kejar Desember selesai. Toh, pengerjaan fisik itu harus melalui proses lelang,” ujarnya.

Gatot lepas tangan setelah jalur evakuasi itu dibenahinya. Ia meminta agar intansi yang berkaitan untuk mengatur jalur tambang dan evakuasi.

“Kapasitas BPBD hanya melakukan penyelamatan jalur evakuasi. Persoalan itu (Jalur tambang pasir), tentu menjadi urusan di bagian SDM dan kepala desa,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya