SOLOPOS.COM - Sejumlah tempat usaha berdiri di kawasan perbatasan Wonogiri-Sukoharjo di Dusun Keblokan, Desa Sendangijo, Selogiri, Wonogiri. Foto diambil Selasa (3/8/2021). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Kawasan perbatasan Wonogiri-Sukoharjo, Desa Nambangan, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, diyakini bisa menjadi simpul ekonomi dan kawasan bisnis baru dalam beberapa tahun ke depan.

Apalagi ada rencana Pemkab Wonogiri untuk menata kawasan tersebut. Pemkab Wonogiri berencana menata dan mempercantik kawasan perbatasan itu setelah jembatan jalan utama rampung dibangun pada 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Desa (Kades) Nambangan, Suparno, kepada Solopos.com, Senin (3/8/2021), mengatakan penataan kawasan perbatasan akan berdampak positif bagi desa, baik secara ekonomi maupun perwajahan.

Baca Juga: Jembatan Baru akan Dibangun di Perbatasan Wonogiri-Sukoharjo, Nilainya Rp35 Miliar

Kawasan perbatasan Wonogiri-Sukoharjo itu sudah mulai dipoles, seperti dengan gapura diberi bando atau plengkung, diberi lampu berwarna-warni yang menyala saat malam, dan area sekitar gapura dibangun taman.

Penataan itu membuat kawasan perbatasan menjadi ramai. Sebelum pandemi Covid-19, area sekitar gapura menjadi tempat berkumpul atau berswafoto warga.

Mereka berswafoto dengan latar gapura yang besar dan megah. Alhasil, foto gapura tersebut saat itu menghiasi berbagai akun media sosial (medsos). Sejak saat itu bermunculan tempat usaha baru, seperti warung makan dan warung kelontong.

Baca Juga: Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK Wonogiri Diumumkan, Ratusan Pelamar Tak Lolos Gara-Gara Ini

Banyak Tempat Usaha

Pada dasarnya sudah ada embrio simpul ekonomi di kawasan perbatasan Wonogiri-Sukoharjo sejak beberapa tahun lalu. Di lokasi tersebut banyak berdiri tempat usaha di bidang kuliner, material bangunan, bahan pokok, jasa, dan sebagainya.

Bahkan, ada deretan rumah toko (ruko) yang cukup besar. Saat ini tak sedikit tempat usaha yang tutup akibat terdampak wabah Covid-19. Kades Nambangan Suparno meyakini setelah pandemi mereda, ekonomi kawasan perbatasan itu kembali menggeliat.

“Apalagi kalau nanti [kawasan perbatasan] sudah ditata Pemkab. Kalau ada kawasan yang rapi, cantik, biasanya terus ramai. Dengan begitu warga sekitar termotivasi membuka tempat usaha. Dari waktu ke waktu tempat usaha di kawasan perbatasan semakin banyak,” ulas Kades saat dihubungi Solopos.com.

Baca Juga: Vario dan RX King Adu Banteng di Wonogiri, Korban Meninggal Tambah 1 Orang

Penataan kawasan perbatasan Wonogiri-Sukoharjo juga akan membuat wajah Desa Nambangan semakin cantik. Nama desa ikut terangkat, sehingga dikenal masyarakat lebih luas.

Suparno menilai sudah selayaknya kawasan perbatasan ditata lantaran merupakan perwajahan daerah. Kawasan yang demikian melahirkan kesan positif bagi orang yang masuk maupun keluar dari Wonogiri.

Meliputi Dua Desa

“Kalau kawasan perbatasannya cantik orang yang masuk dan keluar dari Wonogiri akan terkesan. Bukan tidak mungkin bertanya-tanya kawasan yang indah itu berada di desa apa. Orang lalu mencari tahu. Dengan begitu nama Desa Nambangan akan ikut terangkat,” imbuh Kades.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Penutupan Sejumlah Ruas Jalan Wonogiri Berlanjut

Ia menginformasikan kawasan perbatasan Wonogiri-Sukoharjo berada di dua desa, yakni sebagian kecil Desa Sendangijo dan sebagian besar Desa Nambangan. Area sekitar jembatan utama terdapat di Dusun Keblokan, Desa Sendangijo dan Dusun Nangger, Desa Nambangan. Sementara area sekitar gapura ke arah ibu kota seluruhnya masuk Desa Nambangan.

Warga setempat, Yuda, mengatakan berbagai tempat usaha berdiri di kawasan perbatasan Wonogiri-Sukoharjo sejak cukup lama. Bukan tidak mungkin bakal semakin berkembang jika nanti Pemkab menata kawasan perbatasan.

Namun, pemuda itu mengaku belum banyak mengetahui terkait rencana penataan lokasi tersebut. Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkab Wonogiri berencana menata kawasan perbatasan setelah jembatan baru jalan utama selesai dibangun. Pekerjaan fisik jembatan dikerjakan pada 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya