SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Reuters/Olah Grafis: Is Ariyanto)

Solopos.com, JAKARTA — Tiga negara berpotensi dihantam tsunami besar setelah terjadi gempa dengan kekuatan 8,0 pada skala Richter di Chile Selasa (1/4/2014) malam.

Ketiga negara tersebut adalah Chile, Peru dan Ekuador. Sedangkan Kolombia, Panama, Kosta Rika, Hawaii, dan sebagian daratan AS juga hanya diperingatkan akan potensi bahaya tsunami. Negara-negara ini berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gempa dengan kekuatan 8,0 pada skala Richter malam menghantam kawasan sejauh 50 mil dari kota pantai Iquique , Chile dengan kedalaman 6 mil. Akibatnya, evakuasi warga di negara kawasan pantai Pasifik itu terpaksa dilakukan.

Seorang juru bicara untuk Pacific Tsunami Warning Centre, sebagaimana dikutip mirror.co.uk, Rabu (2/4/2014), mengatakan gempa dengan kekuatan tersebut berpotensi menimbulkan tsunami besar yang mampu mencapai kawasan pantai dalam hitungan  menit.

Gempa bumi dengan kekuatan 9,1 hingga 9,3 pada skala Richter pada 2004 di Samudera Hindia memicu tsunami yang mengakibatkan 280.000 orang tewas termasuk di Aceh dan Nias.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya