Paten teknologi sepeda motor tanpa setang, inovasi Kawasaki. (Istimewa/Mashable)

Solopos.com, TOKYO - Pabrikan Jepang, Kawasaki, nampaknya tengah menggodok teknologi baru yang mungkin akan mengubah bentuk sepeda motor di masa depan. Dikutip dari situs Adventure Rider, Kawasaki baru-baru ini mengajukan paten untuk teknologi terbarunya tersebut.

Dilansir Okezone, Senin (30/9/2019), isi aplikasi paten tersebut adalah untuk sepeda motor yang menggunakan sensor elektronik untuk mengenali input setir untuk membelokkan motor. Selama ini, sepeda motor menggunakan setang untuk mengendalikan motor. Desain buatan Kawasaki ini menggunakan berbagai perangkat elektronik, salah satunya akselerometer yang telah digunakan dalam sistem ABS.

Lewat gambar desain sepeda motor yang diajukan Kawasaki, diketahui bahwa tidak ada yang berbeda dari posisi duduk pengendara. Pengendara akan tetap memegang setang ketika mengemudikan motornya.

Namun fungsi setang di sini hanya untuk melakukan akselerasi dan pengereman. Untuk berbelok, pengendara harus memiringkan motornya. Akselerometer akan mendeteksi ke arah mana pengendara memiringkan badannya, kemudian sistem komputer akan memerintahkan sepeda untuk berbelok sesuai dengan arah kemiringan pengemudi.

Sistem ini juga memungkinkan roda depan dan belakang motor berbelok dengan sudut yang berbeda. Ini dimungkinkan karena untuk membelokkan roda, digunakan motor listrik yang menggantikan peran komstir. Bagaimana motor berbelok kini tak ditentukan dari bagaimana pengemudi membelokkan setang, tapi menggunakan informasi dari komputer yang ada di motor.

Melihat dari gambaran desain ini, kemungkinan besar Kawasaki akan menerapkan sistem ini untuk motor listrik produksinya, di mana sistem ini akan memudahkan Kawasaki dalam meletakkan motor penggerak. Kawasaki juga kemungkinan besar akan mengintegrasikan sistem ini dengan Rideology, sebuah perangkat AI yang mampu mendeteksi emosi pengendara ketika berkendara.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten