Kawanan Maling Pembobol Kantor Disdikbud Sukoharjo Januari Lalu Terungkap

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Kawanan maling yang membobol Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo pada 2 Januari 2019 lalu terungkap. Kawanan maling itu terdiri atas lima orang.

Mereka dibekuk di wilayah hukum Polres Mojokerto, Jawa Timur. Dari lima pelaku, hanya satu yang ditahan di Mapolres Sukoharjo sementara empat pelaku lain ditahan di Mapolres Mojokerto.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengungkapkan lima anggota kawanan maling itu tertangkap di wilayah hukum Polres Mojokerto. “Kami dapat kabar dari Polres Mojokerto mereka habis menangkap pelaku curat lima orang. Setelah diinterogasi, pelaku mengakui telah melakukan kejahatan di Polres Sukoharjo tepatnya di Dinas Pendidikan,” ungkap Kapolres, Rabu (29/5/2019).

Kelima pelaku adalah Agus Nur Ikhsan, 29, warga Kebagusan, Jakarta Selatan; Purwanto, 30, warga Karangjati, Ngawi; Erik Faizal alias Rian, 24, warga Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara; Ali Maruapey, 31, warga Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah dan Irfan Rolo Besy, 28, warga Pamojang, Denpasar Selatan.

Kapolres mengatakan dari kelima kawanan maling itu, hanya Agus Nur Ikhsan yang ditahan di Mapolres Sukoharjo. Para pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

“Pelaku kejahatan ini ternyata lintas provinsi dan merupakan warga dari berbagai daerah di Indonesia,” katanya.

Kapolres mengatakan para pelaku masuk ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo dengan cara merusak jendela. Kawanan maling ini berhasil membawa enam unit laptop berbagai merek dan dua kamera digital merek Canon.

Kepala Disdikbud Sukoharjo Darno mengatakan berdasarkan rekaman kamera CCTV, kawanan maling yang berjumlah empat orang masuk ke kantor melalui pintu belakang sekitar pukul 03.00 WIB.

Kawanan maling ini langsung memasuki ruangan bidang perencanaan, ruang umum hingga ruang kepala dinas. Dalam aksinya ini, mereka mengobrak-abrik ruangan dan membawa lima unit laptop.

“Maling masuk ke ruangan lewat pintu belakang, karena kondisi pagar di bagian belakang memang kurang kuat keamanannya. Mereka masuk saat dua petugas jaga lengah karena tertidur,” kata Darno.

Kejadian ini baru diketahui sehari kemudian saat seluruh pegawai masuk kerja setelah libur peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional. Mengetahui kejadian ini, dia langsung melaporkan ke aparat kepolisian setempat.

Aparat kepolisian kemudian melakukan olah kejadian perkara (TKP) dan mengamankan rekaman kamera CCTV. “Ada empat pelaku yang terekam kamera CCTV. Tapi jumlahnya kemungkinan bertambah karena mereka menunggu di luar kantor,” katanya.

Menurut dia, kejadian ini baru kali pertama terjadi di lingkungan kantornya. Guna mengantisipasi kejadian serupa, Darno akan meningkatkan sistem keamanan kantor. Selain menambah jumlah personil penjaga kantor juga meninggikan pagar bagian belakang.

“Kami akan tinggikan bangunan pagar diri belakang kantor,” katanya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sempat Viral, Oknum Polantas Pacaran Naik Mobil PJR Adik Ipar Ahok

Di medsos beredar narasi bahwa anggota Polantas pacaran naik mobil PCR itu berani melakukan pelanggaran karena iparnya seorang pejabat.

Duh, Masih Ada Ponpes di Sragen yang Emoh Ikut Vaksinasi, Ini Alasannya

Bupati Sragen meminta bantuan Polres dan Kodim untuk melakukan pendekatan kepada ponpes yang emoh ikut vaksinasi.

Main Sore Ini, Berikut 6 Wakil Indonesia di Perempatfinal Denmark Open

Sebanyak enam wakil Indonesia berhasil memastikan diri lolos ke babak perempatfinal Denmark Open 2021.

Rachel Vennya Naik Mobil dengan Pelat RFS, Begini Respons Warganet

Mobil berpelat RFS  yang dinaiki Rachel Vennya seusai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya rupanya menarik perhatian warganet. 

Diduga Minum Racun Tikus, Mahasiswi di Sleman Ditemukan Meninggal

Seorang mahasiswi perguruan tinggi swasta di Sleman, Yogyakarta diduga nekat mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun tikus.

Angin Kencang yang Rusak 20 Rumah di Sragen, La Nina Sudah Datang?

BKMG mengumumkan ancaman badai La Nina di akhir tahun 2021. Sementara puluhan rumah rusak di Sragen setelah diguyur hujan disertai angin kencang.

Keren! Mohamed Salah Dibuatkan Patung, Mirip Enggak?

Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, dibuatkan patung lilin oleh Museum Madame Tussauds, London, Inggris.

Seperti Meteror Jatuh, Satelit Mata-Mata Rusia Gagal Ngorbit

Satelit mata-mata Rusia gagal ngorbit dan jatuh seperti bola api di langit Amerika.

Siap-Siap! 31 Objek Wisata di Kulonprogo Akan Dibuka, Ini Daftarnya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo bersiap membuka 31 objek wisata andalannya secara terbatas.

Giliran Kantor Pinjol Ilegal di Surabaya, 13 Orang Ditangkap

Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur menggerebek kantor pinjol ilegal di Surabaya, Kamis (21/10/2021) dan menangkap 13 orang.

Kebangetan, Puluhan Tanaman Hias di Taman Portabel Solo Raib Dicuri

DLH Solo mencatat ada puluhan tanaman hias di taman portabel yang hilang seiring pengadaan fasilitas tersebut pada tahun ini.

Evaluasi PTM, Disdikbud Karanganyar akan Gelar Tes Swab Acak di Sekolah

Meski belum ada penularan Covid-19, Disdikbud Karanganyar akan menggelar tes swab secara acak di sekolah-sekolah.

Insan Perhotelan Suarakan Aspirasi Soal CHSE kepada Pemprov Jateng

Kali ini sertifikasi CHSE tidak lagi difasilitasi pemerintah, sehingga masing-masing hotel harus mengupayakan secara mandiri dan berbiaya.

Belum Divaksin Tapi Pengin Bikin SIM? Ini Solusinya

Pemohon SIM di Karanganyar wajib sudah divaksin Covid-19. Tapi kalau belum, ada layanan vaksinasi gratis di kantor Satlantas Polres Karanganyar.

Mau ke Pantai di Bantul? Cek Dulu Jadwal Ganjil Genap di Objek Wisata

Pemkab Bantul sudah menerapkan kebijakan ganjil genap kendaraan di sejumlah objek wisata ikonik di Kabupaten Bantul.

Unik! Bebek Ini Mampu Tirukan Ucapan Manusia Saat Memadu Kasih

Seekor bebek kesturi yang diketahui menirukan ucapan manusia dalam rekaman percobaan hewan yang dapat meniru manusia.