SOLOPOS.COM - Kera liar berada di atap rumah warga di Dukuh Manggal, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar. Foto belum lama ini. (Istimewa/Senkom Mitra Polri)

Solopos.com, KARANGANYAR — Munculnya sekawanan kera liar di Dukuh Manggal, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, membuat resah warga. Selain mencuri buah-buahan di pekarangan rumah warga, kera-kera ini juga tak takut masuk rumah warga untuk mengambil makanan.

Warga khawatir kera-kera itu nekat menyerang warga. Sejauh ini warga mencoba mengusir kawanan kera itu dengan memukulkan tongkat bambu untuk membuat takut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sudah beberapa hari terakhir kera-kera liar itu muncul ke permukiman warga. Menurut sepengetahuan warga, jumlahnya ada sekitar tujuh ekor. Belum diketahui dari mana kera-kera itu berasal. Serangan kera-kera liar ini memang baru kali pertama terjadi di wilayah Dukuh Manggal.

Baca Juga: Gerombolan Kera Liar Masuki Permukiman Warga Kebakkramat Karanganyar

Warga melaporkan datangnya kera-kera liar ini ke Senkom Mitra Polri. Salah seorang sukarelawan Senkom Mitra Polri, Andi Hartono, mengaku sudah mengecek ke lokasi. Dari laporan warga, memang ada beberapa kera liar. Mereka masuk rumah warga, mencuri buah dari pohonnya seperti pepaya, mangga dan lainnya.

“Kami belum menemukan dari mana kera ini asalnya. Kami cek ke kebun di dekat permukiman warga di sana. Tapi belum menemukannya,” ujar Andi, Jumat (22/10/2021).

Senkom Mitra Polri pun melaporkan ini ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Baca Juga: Sering Kecelakaan, Satlantas Polres Karanganyar Gelar Zikir dan Doa

Berdasarkan pengalaman yang terjadi, masuknya kera-kera liar ke permukiman warga lebih banyak disebabkan karena kehabisan makanan. Habitat asli mereka yang rusak tak lagi bisa menyediakan makanan yang cukup bagi kera-kera liar tersebut. Jalan satu-satunya bagi mereka adalah masuk ke permukiman warga untuk mencari makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya