SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Letusan Gunung Merapi yang terjadi Senin (1/11) sekitar pukul 10.00 WIB membakar habis kawasan hutan cemara Bubat di Desa Sidorejo
Kemalang.

Kebakaran itu diduga kuat juga turut membakar kawanan kera yang biasa menyerang dan memakan pertanian warga di desa setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saat ini, kawanan kera tak lagi turun dan menyerang ladang warga. Dugaan kuat terjebak di dalam hutan cemara bubat,” kata Koordinator Paguyuban Siaga (Pasag) Merapi, Sukiman kepada Espos, Senin (1/11).

Sukiman melaporkan, sejumlah desa yang selama ini menjadi incaran kawanan kera ialah Desa Sidorejo, Tegalmulyo, dan Balerante Kecamatan Kemalang Klaten.

Kawanan kera tersebut jumlahnya bahkan mencapai ratusan ekor yang tiap pagi dan siang turun dan menyerbu serta merusak ladang-ladang warga. Namun, imbuhnya, sejak berkali-kali terjadi letusan gunung Merapi, kawanan kera tak lagi nampak.

“Dugaan kami, kawanan kera itu terjebak di dalam hutan ketika diselimuti awan panas atau wedus gembel,” paparnya.

asa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya