Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Kawah Candradimuka Gunung Lawu Keluarkan Gas Berbahaya dan Uap Panas

Kawah Candradimuka Gunung Lawu Keluarkan Gas Berbahaya dan Uap Panas
user
Senin, 6 Juni 2022 - 13:20 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pos 2 Taman Sari Atas jalur pendakian Gunung Lawu via Cemara Kandang, Desa Gondosuli, Kecamatan, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Tampak plang Kawah Candradimuka, di mana kawah ini bisa dilalui lewat jalan setapak di belakangnya, kemudian menuruni tebing. (Foto diambil Oktober 2019/Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, KARANGANYAR — Salah satu dari tujuh gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Lawu masih memiliki kawah aktif, yang kerap mengeluarkan gas berbahaya dan uap panas, bernama Candradimuka yang terletak di punggungan bukit, bukan di puncaknya. Bagi pendaki yang memilih melewati jalur Cemara Kandang, Desa Gondosuli, Kecamatan, Tawangmangu, maka akan mendapati papan petunjuk lokasi Kawah Candradimuka di Pos 2 Taman Sari Atas.

Menurut sukarelawan Anak Gunung Lawu (AGL), Budi Santoso, saat berada di Pos 2 Taman Sari Atas itulah para pendaki bakal menghirup aroma belerang yang dikeluarkan dari lubang Kawah Candradimuka. Namun, lokasi kawah berada jauh dari selter Pos 2 Taman Sari Atas. Selain itu, suara embusan kencang bak pesawat terbang juga bakal terdengar bahkan sejak sebelum sampai di Pos 2 Taman Sari Atas.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN