Kaum Hawa Karanganyar Didorong Punya Konstribusi Nyata di Politik

KPU dan Bawaslu Karanganyar mendorong perempuan di Bumi Intanpari mengambil lebih banyak peran dana dunia politik.

 Sosialisasi dan FGD bertajuk Affirmative Action Perempuan yang digelar KPU Karanganyar. (Istimewa/Bawaslu Karanganyar)

SOLOPOS.COM - Sosialisasi dan FGD bertajuk Affirmative Action Perempuan yang digelar KPU Karanganyar. (Istimewa/Bawaslu Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Keterwakilan perempuan di parlemen jangan sekadar memenuhi kuota 30 persen. Kaum hawa harus memiliki konstribusi nyata hingga kompetensi dan kapabilitas saat menjadi wakil rakyat.

Hal itu mengemuka dalam sosialisasi bertajuk Affirmative irmative Action Perempuan di Pemilu yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar di Green Resto pada Kamis (6/10/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari, mengatakan keterwakilan perempuan di legislatif Karanganyar kurang baik. Pada pemilu 2014, jumlah perempuan di legislatif ada 12 orang. Namun di Pemilu 2019 menurun menjadi sembilan orang.

“Perempuan harus memiliki konstribusi di politik,” kata dia.

Perempuan, menurutnya, tak boleh kalah bersaing dengan dengan laki-laki dalam berpolitik. Kaum perempuan tak boleh pasrah dan hanya dijadikan alat pelengkap syarat pemilu. Di mana syarat pendaftaran partai politik (parpol) harus mempertimbangkan kuota 30 persen perempuan. Dia pun mendorong perempuan berperan aktif berkontribusi dalam berpolitik.

Baca Juga: Pendaftaran Ditutup, 229 Orang Minat Jadi Panwascam di Karanganyar

“Jangan hanya formalitas. Ambilah aksi nyata,” katanya.

Dia berharap melalui sosialisasi ini memberi pemahaman lebih luas mengenai pentingnya peran perempuan di politik. Tak jarang perempuan juga menjadi penentu arah politik di lingkungan rumah tangga. Ia pun melihat tingginya antusiasme peserta merupakan kaum hawa dari para pengurus parpol, sayap partai dan organisasi perempuan di Karanganyar dalam kegiatan ini. Sosialisasi pemilu kepada kaum perempuan ini salah satu upaya mengedukasi masyarakat tentang pesta rakyat lima tahunan itu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karanganyar, Ridwanita Priliastuti, mengatakan perempuan harus kritis. Perempuan memiliki kapabilitas dan kapasitas yang mumpuni. Keterwakilan perempuan juga penting di wadah penyelenggara pemilu. Dalam perekrutan Panwascam, ia terpaksa memperpanjang pendaftaran karena kuota pendaftar perempuan belum terpenuhi 30 persen.

Empat kecamatan diperpanjang pendaftarannya sampai 8 Oktober. Yakni Colomadu, Jatiyoso, Kerjo, dan Tawangmangu. “Perempuan membuktikan kepemimpinannya di organisasi maupun terjun ke ranah politik. Pembekalannya menjadi aspek penting sebelum nyalon,” katanya.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Besok, Wonogiri Siap Gelar Pilkades Serentak di 15 Desa dengan 39 Cakades

      Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahap I 2022 di 15 desa yang ada di 12 kecamatan di Wonogiri berlangsung, Rabu (7/12/2022).

      Langganan, Asmoro Decoration Kembali Dipercaya Mendekor Venue Nikahan Kaesang

      Asmoro Decoration yang sudah sejak lama jadi langganan keluarga Presiden Jokowi dipercaya untuk mendekorasi lokasi acara ngunduh mantu nikahan Kaesang dengan Erina di Loji Gandrung Solo.

      Pekan Ini, Pemdes Kliwonan Sragen bakal Gelar Bazar Batik dan Kuliner

      Selain bazar batik dan kuliner, Pemdes Kliwonan juga akan menyajikan pasar malam dan hiburan untuk memeriahkan acara yang digelar selama empat hari itu.

      Bupati Karanganyar Ajak Mahasiswa KKN Ikut Kampanyekan Bahaya Stunting

      Bupati Karanganyar Juliyatmono mengajak 440 mahasiswa yang KKN di Karanganyar sosialisasikan bahaya stunting di lokasi KKN.

      Ini Prosesi Adat Pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung

      Sejumlah prosesi adat pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan di Loji Gandrung.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Sakral di Loji Gandrung Solo, Ceria di Mangkunegaran

      Pernikahan asat Kaesang-Erina akan berlangsung di Loji Gandrung, sedangkan resepsi ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 6 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa disimak di sini.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Wonogiri Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Pernah Sangat Buruk, Kini Sukoharjo Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Baik

      Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

      Perkumpulan Sasana Purnama Soloraya Ikut Kirim Bantuan Korban Gempa Cianjur

      Perkumpulan Sasana Purnama (PSP) yang dipimpin GRAy Putri Woelan Sari Dewi, ikut memberikan bantuan untuk korban bencana alam di Cianjur. Bantuan tersebut telah diserahkan ke BPBD Solo.

      Hari ini, 433 Calon PPK Pemilu 2024 Sukoharjo Ikuti Tes Tertulis di 3 Lokasi

      tes CAT PPK Sukoharjo berlangsung di Univet, SMKN 1 Sukoharjo, dan SMAN 3 Sukoharjo.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Polda Jateng Pastikan Tidak Ada Penutupan Jalan

      Polda Jateng menyatakan tidak ada penutupan jalan saat prosesi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono pada Minggu (11/12/2022).

      Breaking News! Orang Sukoharjo Tenggelam di Dlepih Wonogiri Ditemukan Meninggal

      Tim SAR berhasil menemukan warga Sukoharjo yang tenggelam di kawasan Kahyangan, Desa Dlepih Tirtomoyo, Wonogiri.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.