SOLOPOS.COM - Suasana Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri pada jam keberangkatan beberapa waktu lalu. (M. Aris Munandar/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI -- Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, libur panjang akhir pekan dalam rangka memperingati Wafat Isa Almasih, Jumat (2/4/2021) hingga Minggu (4/4/2021), dimanfaatkan warga perantauan atau kaum boro Wonogiri untuk pulang ke kampung halaman.

Hal itu diketahui berdasarkan adanya peningkatan jumlah penumpang kedatangan bus dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung dan sekitarnya di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: KIP Kuliah 2021: Mahasiswa Bisa Dapat Bantuan Biaya Hidup Rp1,4 Juta Per Bulan

Berdasarkan data produksi Terminal Giri Adipura Wonogiri, pada Jumat (2/4/2021) terjadi lonjakan penumpang kedatangan. Pada hari itu sebanyak 2.464 orang tiba di Wonogiri dengan jumlah bus sejumlah 137 unit.

Jumlah itu lebih banyak dari hari biasanya dan sebelumnya. Pada Kamis (1/4/2021), jumlah penumpang hanya 1.610 orang. Sedangkan pada Sabtu, (3/4/2021), jumlah penumpang kedatangan mulai menurun, tercatat hanya 1.687 orang.

Sementara itu, jumlah penumpang keberangkatan pada Kamis hingga Sabtu terpantau normal. Jumlah penumpang setiap harinya hanya sekitar 1.600 orang hingga 1.750 orang.

Alasan Pulang Kampung

Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, membenarkan bahwa pada Jumat telah terjadi lonjakan penumpang kedatangan di Terminal Wonogiri. Selain akhir pekan, banyaknya kaum boro yang pulang kampung disebabkan karena ada kegiatan atau tradisi lokal.

"Memang biasanya kalau akhir pekan agak ramai. Tapi selain itu saat ini kan baru musim nyadran atau nyekar. Sebagian warga Wonogiri masih kerap melakukan budaya itu menjelang Ramadan. Sehingga penumpang juga meningkat," kata dia, Minggu (4/4/2021).

Baca Juga: 17 ABK Barokah Jaya Dikabarkan Hilang Seusai Dua Kapal Bertabrakan di Indramayu

Agus menuturkan, diprediksi puncak arus balik libur panjang akhir pekan terjadi pada Minggu. Namun, berdasarkan pantauan sementara di terminal penjualan tiket bus keberangkatan pada Minggu normal. Meski demikian, hasil pendataan baru bisa diketahui besok, Senin (5/4/2021).

"Tidak ada persiapan khusus yang kami lakukan pada libur panjang kali ini. Namun kami selalu menekankan agar penumpang dan kru bus untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan disiplin," kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya