SOLOPOS.COM - Katy Perry (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, AMSTERDAM— Katy Perry dan Eminem adalah dua di antara para penyanyi yang meraih penghargaan tertinggi di ajang MTV Europe Music Awards (EMA) 2013, yang digelar di Amsterdam, Belanda, Minggu (10/11/2013) malam.

Katy Perry, yang baru saja merilis album Prism, berhasil mengalahkan Lady Gaga dan Miley Cyrus dalam kategori Best Female Singer.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Ini merupakan penghargaan EMA ketiga untuk Katy Perry. Dia pun turut tampil dalam acara itu dengan menyanyikan single terbarunya, Unconditionally.

“Tujuan saya adalah agar (musik saya) didengar oleh banyak orang. Jika itu terjadi, saya bahagia,” ujar Katy Perry di atas karpet merah MTV EMA.

Sedangkan rapper Eminem meraih penghargaan Global Icon, sebuah penghargaan yang diberikan berkat kiprahnya selama ini di industri musik hip-hop.

Penghargaan ini sekaligus menambah sejumlah penghargaan lainnya yang pernah diterima Eminem, salah satunya YouTube Music Awards pekan sebelumnya di mana dia dinobatkan sebagai Artist of the Year.

Miley Cyrus pun tidak pulang dengan tangan kosong. Penyanyi muda tersebut meraih penghargaan Best Video untuk lagu Wrecking Ball.

Boyband asal Inggris One Direction meraih penghargaan Best Pop, sementara salah satu personelnya, Harry Styles, mendapatkan penghargaan Best Style.

Lain lagi dengan Thirty Seconds to Mars yang berhasil meraih penghargaan Best Alternative. Sang vokalis, Jared Leto, mengajak para penonton untuk mengheningkan cipta sejenak bagi para korban Topan Haiyan di Filipina, yang korbannya diperkirakan mencapai 10.000 orang.

“Rasanya sulit mendengar kejadian di sana. Tapi pesan yang penting adalah mengirimkan cinta dan dukungan, bahkan dari belahan dunia lain,” kata Jared di belakang panggung.

MTV EMA merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh stasiun televisi MTV. Ajang penghargaan ini juga digelar di Amerika Serikat, negara asalnya, dan juga negara-negaranya lainnya, seperti Asia dan Eropa.

Untuk tahun ini, MTV mendapat persaingan ketat dari Google yang juga menggelar acara serupa bertajuk YouTube Music Awards.

Meski MTV telah mendominasi ajang penghargaan musik pop sejak 1984, kehadiran situs berbagi video YouTube, dengan penonton sekitar 1 triliun per bulan, telah mengubah industri musik populer itu sendiri.

“Akan selalu ada kompetisi, baik tradisional maupun modern. EMA merupakan tempat berekspresi, kami menggabungkan televisi dengan teknologi digital, web, juga mobile,” kata Robert Bakish dari divisi penyiaran Viacom, induk perusahaan MTV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya