Kata Siapa Game Tak Bermanfaat? Ini Buktinya
Ilustrasi turnamen video game (BBC.com)

Video game ternyata memiliki manfaatnya bagi yang memainkannya.

Solopos.com, SOLO — Bermain video game sering dikaitkan dengan sejumlah hal negatif, seperti dapat merusak mata, menjadi orang yang tidak suka bersosialisasi, dan menghabiskan banyak uang.

Namun di balik hal tersebut, ternyata bermain video game dapat memberikan pelajaran yang tidak didapat di sekolah. Berikut ini pelajaran yang di dapat lewat bermain video game sebagaimana dikutip dari lifecheating.com :

Pengalaman

Semakin banyak pengalaman atau experience/EXP sebutan di game, semakin tinggi level yang dimainkan. Hidup manusia seperti permainan di video game. Saat masih anak-anak, manusia berpikir hidup itu sulit.

Saat tua, manusia mengingat masa lalu dan melihat kehidupan sebenarnya sangat sederhana ketika masih anak-anak dan menjadi semakin sulit saat menjadi lebih tua. Hal ini mengajarkan untuk mencari pengalaman sebanyak mungkin agar di masa depan dapat menghadapi hal yang lebih sulit dengan pengalaman tersebut.

Jangan Lupa Menyimpan

Jangan lupa menyimpan atau save progress sebutan di game. Game yang telah tersimpan, seperti ingatan, benar-benar berharga. Membuat catatan atau menuliskan hal baru yang Anda dapatkan dan memfoto momen berharga.

Melihat momen berharga bersama orang yang tersayang lewat foto, melihat foto saat bermain bersama teman baik, atau melihat kembali kenangan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan lewat foto dapat menjadi pemacu semangat Anda saat Anda terpuruk karena hal buruk terjadi.

Selalu Baik kepada Orang

Selalu baik kepada orang yang Anda temui atau bond sebutan di game. Hubungan dapat dibuat dengan orang yang Anda ajak bicara setiap hari. Jadi sebaiknya Anda bersikap baik kepada mereka.

Anda tidak akan pernah tahu kapan salah satu dari mereka akan menolong Anda dari bencana. Jika Anda tidak berbuat baik kepada orang di sekitar Anda, kelak hal tersebut juga akan berbalik kepada Anda.

Saat Anda terjebak dalam kesulitan, orang lain yang dulunya Anda tolong akan menolong Anda, dan orang yang Anda biarkan akan membiarkan Anda.

Menerima Kekalahan
Di dalam game, karakter yang dimainkan sering mengalami kekalahan dari musuh yang lebih kuat. Saat itulah Anda akan diajari bagaimana menerima kekalahan dan berjuang untuk menjadi lebih baik setelahnya.

Dalam hal ini diperlukan kesabaran dan ketenangan agar dapat melaluinya. Saat Anda melawan musuh kuat di game, anda akan mencoba lagi dan meneliti apa yang membuat Anda tidak bisa mengalahkannya.

Setelah itu, Anda akan mencoba memecahkan masalah tersebut dan melaluinya. Hal itu sama seperti pemecahan suatu masalah di dunia nyata. Jika ada suatu masalah, analisis apa yang dapat membuat Anda melaluinya, dapatkan dan lalui masalah itu.

Berpikir Sebelum Bertindak

Hal ini akan memberikan dampak yang sama baik di game maupun di kehidupan nyata, bergerak tanpa berpikir maka kekalahan yang Anda dapatkan. Game melatih seseorang untuk memikirkan beberapa langkah ke depan sebelum bertindak.

Hal itu berguna saat anda melakukan sesuatu yang baru kali pertama Anda lakukan. Berpikir sebelum bertindak memang sangat berguna, namun perlu diingat terlalu banyak berpikir dan sedikit bertindak juga tidak baik. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho