SOLOPOS.COM - SBY dan Jokowi (Detik)

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan statmen bernada “nasihat” bagi pemimpin.

Solopos.com, JAKARTA –– Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhonono (SBY) mengaku tidak mudah meminpin Indonesia selama dua periode. Terlebih ketika dirinya menjadi Presiden Indonesia saat itu masih terbilang baru bangkit dari krisis moneter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, dalam bidang politik di tahun 2005 diungkapkan SBY masih terdapat kegaduhan politik yang tinggi. Namun sekali lagi, dirinya tidak mudah menyerah dan malah membulatkan tekatnya untuk merubah Indonesia.

Ekspedisi Mudik 2024

“Di bidang politik tidak mudah, ini ketika saya memerintah di tahun 2005 dan 2009. Tapi saya harus jalan terus,” ujar SBY dalam acara Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Modernisator di Djakarta Theatre XXI, Sarinah, Jakarta, Minggu (17/5/2015) sebagaimana dikutip dari Okezone.

Mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) ini berpesan kepada Presiden Indonesia saat ini maupun yang akan datang untuk mempersiapkan diri dan mental dengan bagus. Pasalnya barbagai kritikan akan dihujamkan kepada Kepala Negara, apabila ada yang tidak sesuai dengan kehendak rakyat.

“Pemimpin juga harus siap diapakan saja, dicemooh, dihujat, dikritik, harus siap menanggung segalanya. Karena itu sudah menjadi kodratnya,” jelasnya.

“Pemimpin harus siap berkorban, diapakan saja, dan menanggung beban,” tambahnya.

Terakhir SBY menambahkan, pada saat menjadi pemimpin, entah sebagai presiden atau yang lainnya, pemimpin juga harus siap untuk dilengserkan. Apabila tidak memiliki tanggung jawab.

“Setelah berada di puncak, persiapkan diri untuk turun, seperti putaran roda pedati di atas lalu ke bawah,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya