SOLOPOS.COM - Tangkapan layar di akun YouTube Gita Pupita Asri saat bermusik menggunakan gitar buatan perajin Ngrombo, Baki, Sukoharjo. (Youtube)

Solopos.com Stories

Solopos.com, SUKOHARJO — Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Sukoharjo, sejak lama dikenal sebagai sentra perajin gitar dengan produk gitar yang terbilang ramah di kantong. Salah seorang pemain gitar klasik yang juga pernah membeli gitar di desa setempat, Gita Puspita Asri, mengatakan kualitas gitar terbilang bagus untuk kelas umum dan pemula.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dulu pernah beli [gitar Ngrombo], tapi dulu untuk alat musik gereja. Menurutku sih lumayan kalau untuk umum,” kata perempuan asal Kadipiro, Banjarsari, Solo, yang tergabung dalam kelompok ensambel gitar Nocturnal Guitar Quartet saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (26/6/2022).

Namun, Gita yang pernah menyabet juara ketiga Japan International Ensemble Guitar Festival (JIEGF) 30th 2018 dan pemenang Harumi Award yakni Excellent Performance of a Modern Guitar Piece di Jepang dia menyebut kualitas gitar bikinan perajin Ngrombo belum recommended digunakan untuk keperluan konser.

“Kalau untuk konser kurang recommended. Biasanya gitar klasik pakai Luthier dari Bandung atau Jakarta. Tapi kalau untuk gitar elektrik dan akustik kualitasnya I don’t know,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, di Ngrombo terdapat 212 perajin gitar yang tersebar di 15 RT dan 4 RW. Rata-rata per RT, ada sekitar 5-10 perajin tapi ada juga yang memiliki 30-50 perajin.

Sementara itu, berdasarkan testimoni pembeli gitar yang tercantum dalam review google maps perajin di Desa Ngrombo menyebut selain harga terbilang murah, banyak pembeli memberikan ulasan tentang keramahan perajin.

Baca juga: Yuk, Tengok Proses Pembuatan Gitar di Desa Ngrombo Sukoharjo

Salah satunya dalam ulasan di laman google maps Eno Gitar yang terletak di Dusun Jantran RT 001/RW 004, Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Dusun I, Ngrombo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Salah seorang pembeli, Dhimasrofiq Choironi menuliskan terkait pelayanan yang dia dapatkan pada saat melakukan pembelian. “Penjualnya ramah, banyak diberi pengetahuan tentang jenis gitar dan pelayanan sangat memuaskan,” tulisnya seperti dikutip Solopos.com, Minggu.

Mendapat Bonus

Tak jauh berbeda dengan Sasmita Hidayatul Aziz yang menuliskan, “Asli ini bagus banget harga murah kualitas nggak murahan. Respon penjual ramah asli bisa diajak guyon. Ada garansi juga. Mau beli dibersihin dulu coy.”

Sementara itu, dalam google maps dengan kata kunci Ahmad Pengrajin Gitar yang beralamat di Ngadirejo RT 003/RW 004, Dusun I, Ngrombo, Kec. Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah juga ditemukan beberapa ulasan yang menyatakan banyak bonus yang didapatkan saat membeli gitar di Ngrombo itu.

Baca juga: Mengenang Arjo Parno, Perajin Gitar Pertama di Desa Ngrombo Sukoharjo

Ulasan tersebut seperti ditulis Fajar Nugroho, “Mantaaap, banyak pilihan gitar dan harga bersahabat, dapat bonus tas gitar dan kabel jack.”

Dalam laman itu Nur Laela juga turut menuliskan banyaknya pilihan gitar yang disajikan perajin. “Mantap, pilihannya banyak, sampe bingung.. dan yang punya juga ramah sekali.. pokoknya top.. ga bakalan nyesel deh,” katanya.

Ulasan lain soal kualitas gitar yang terbilang recommended juga ditemukan. “Gitar kualitas ga diragukan lagi, gitarnya nyaman, penjualnya juga ramah, recommended baanget yang mau cari gitar buat para pemula,” tulis akun Andry Maulana_2304.

Baca juga: Mau Dolan ke Kampung Gitar? Cek Paket Wisata Desa Ngrombo Sukoharjo Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya