SOLOPOS.COM - Peta denah lokasi pasar takjil dalam rangkaian Semarak Ramadan 2022 di Solo. (Istimewa/Gibran Rakabuming Raka)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membagikan gambar peta lokasi pasar takjil sebagai rangkaian Semarak Ramadan 2022 yang digelar Pemkot Solo di sepanjang koridor Jensud hingga Pasar Gede.

Berdasarkan gambar peta yang dibagikan Gibran di grup Whatsapp wartawan Solo, Jumat (1/4/2022) malam, pasar takjil nantinya berada di pelataran Benteng Vastenburg. Bentuknya letter L dari belakang pos polisi Gladag ke utara.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Lahan parkir untuk kendaraan pengunjung disediakan di sisi selatan dan timur pasar takjil tersebut. Sebelumnya, Ketua Panitia Semarak Ramadan 2022 Solo, Sunarto Isstianto, mengusulkan dua lokasi untuk pasar takjil tersebut.

Baca Juga: Siap-Siap! Akan Ada Pasar Takjil Unik di Sasana Kridha Mangkubumen Solo

Kedua lokasi itu yakni sepanjang Jl Mayor Kusmanto (depan Kantor Telkom) dan Jl Mayor Sunaryo (depan PGS dan BTC). Jika menggunakan dua lokasi ini, keberadaan pasar takjil akan berdampak pada penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas.

Hingga Selasa (29/3/2022), Sunarto mengaku masih berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Solo terkait penentuan lokasi pasar takjil itu. “Pengaruhnya dengan pengalihan arus lalu lintas sehingga perlu koordinasi,” ungkapnya kepada Solopos.com, Selasa.

Baca Juga: Disdag Solo Usulkan Beberapa Lokasi Pasar Takjil, Termasuk Manahan?

Hiasan di Koridor Jensud

Seperti diketahui, takjil merupakan bagian tak terpisahkan dari tradisi Ramadan di Kota Solo. Selama ini, penjual takjil banyak bertebaran di pinggir-pinggir jalan. Mereka menjual kolak dan aneka menu makanan untuk berbuka puasa.

Lokasi yang kerap menjadi pusat pasar takjil dadakan di Solo adalah Jl Menteri Supeno utara Stadion Manahan, kemudian depan kampus Institute Seni Indonesia (ISI) Solo. Selain itu ada juga pasar takjil yang digelar di kampung-kampung.

Baca Juga: Ramadan Sebentar Lagi, Pemkot Solo Akan Buka Pasar Takjil di Sini…

Sementara itu, selain pasar takjil, Pemkot Solo memasang berbagai hiasan seperti lampion dan instalasi dengan ambience cahaya untuk menyemarakkan Ramadan 2022. Berbagai hiasan itu dipasang di sepanjang Jl Jenderal Sudirman hingga tugu jam depan Pasar Gede Solo.

Instalasi ambience cahaya pada instalasi bisa berubah menyesuaikan irama suara musik juga akan dipasang di depan Balai Kota Solo. Total ada tiga lokasi pemasangan instalasi ambience cahaya. Selain di Balai Kota, instalasi cahaya juga akan dipasang di Tugu Pamandengan dan Tugu Jam Pasar Gede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya