SOLOPOS.COM - Esteh Indonesia. (Estehindonesia.com)

Solopos.com, SOLO — Baru-baru ini viral di media sosial soal surat berisi somasi yang diberikan Esteh Indonesia kepada seorang netizen yang memberikan kritik tentang produknya. Hal ini membuat publik bertanya-tanya kira-kira berapa sih modal usaha untuk membuka franchise bisnis Esteh Indonesia?

Sebelumnya, seorang netizen pengguna akun Twitter @Gandhoyy menyebut salah satu varian Esteh Indonesia, Chizu Red Velvet terlalu manis dan bisa membuat diabetes. Bahkan, dia menuliskan kata-kata yang mengandung umpatan di cuitannya tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setelah cuitannya viral, Esteh Indonesia melayangkan somasi kepada pengguna akun Twitter @Gandhoyy untuk mengklarifikasi dan menghapus cuitan tersebut.

“Dengan ini kami memperingatkan dan menegur dengan keras (somasi) saudara untuk segera melakukan penghapusan dan klarifikasi atas pernyataan (tweet) pada akun Twitter pribadi saudara paling lambat 2 x 24 jam sejak tanggal surat ini,” bunyi surat somasi yang ditandatangani oleh Legal Esteh Indonesia Brian Michel pada 24 September 2022.

Baca Juga: NU Purworejo Sebut Haram, Begini Fatwa Permainan Boneka Capit Menurut MUI

Tak selang berapa lama, pengguna akun Twitter @Gandhoyy meminta maaf atas cuitannya tersebut. Setelah kasus ini viral dan sempat menjadi trending topic di Twitter, banyak publik yang penasaran dengan modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka franchise Esteh Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh di situs resmi Esteh Indonesia, biaya yang dibutuhkan adalah Rp130 juta. Sebelum membuka franchise Esteh Indonesia, ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Baca Juga: Keistimewaan Angka 19 dalam Al-Qur’an yang Penuh Misteri

Beberapa di antaranya, pembayaran biaya komitmen, survei lokasi, desain pembangunan outlet, pelunasan biaya lisensi, proses kirim equipment dan bahan baku, pelatihan karyawan, serta terakhir pembukaan outlet Esteh Indonesia.

Dikutip dari Bisnis.com, modal buka usaha franchise Esteh Indonesia tersebut sudah termasuk dengan lisensi dan peralatan untuk membuka gerai. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya booth atau gerai. Jadi, jika Anda ingin sewa tempat sekaligus renovasi, maka dapat dikenakan biaya hingga Rp250 juta.

Baca Juga: Bukan Bengawan Solo, Ternyata Ini Dia Sungai Terdalam di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya