Kasus Wanita Dibakar Di Mobil Xenia Di Sukoharjo Segera Disidangkan
EP, pemuda Sukoharjo yang diduga membunuh Yulia, wanita yang ditemukan terbakar dalam mobil di wilayah Bendosari, Sukoharjo, Selasa (20/10/2020), sudah tertangkap pada Kamis (22/10/2020). (Istimewa/Detik)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kasus pembunuhan wanita asal Pasar Kliwon, Solo, yang jasadnya dibakar di dalam mobil Xenia segera disidang. Polisi telah melimpahkan berkas kasus dengan korban bernama Yulia, 42, itu ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo dan dinyatakan lengkap atau P21.

Yulia dibunuh rekan bisnisnya di kandang ayam dan jasadnya dibakar di dalam mobil Daihatsu Xenia pada Selasa (20/10/2020). "Kami tinggal menunggu jadwal sidang saja untuk kasus pembunuhan Yulia. Berkasnya sudah kita limpahkan ke Kejaksaan belum lama ini," kata Kasatreskrim Polres Sukoharjo, AKP Muhammad Alfan, kepada Solopos.com, Jumat (15/1/2021).

Dalam masa pandemi Covid-19, dia mengatakan sidang akan digelar secara virtual. Di mana pelaku akan mengikuti sidang secara online dari balik jeruji besi di Mapolres Sukoharjo.

Yulia Dibunuh dan Dibakar Dalam Mobil Di Sukoharjo, Suami Minta Pelaku Dihukum Mati

Sebagaimana diketahui, polisi telah menetapkan Eko Prasetyo, 30, warga Ngesong, Desa Puhgogor, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, sebagai tersangka. Eko merupakan rekan bisnis Yulia dalam mengelola ternak ayam petelur. Kasatreskrim mengatakan tersangka hanya satu orang.

Polisi juga telah menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan tersebut. Dalam rekonstruksi terungkap Yulia dipukul linggis sebanyak tujuh kali di kepala hingga meregang nyawa. Setelahnya jasad korban dibakar di dalam mobil Daihatsu Xenia dan ditemukan pada Selasa (20/10/2020) malam. Pelaku bahkan sempat meminta nomor PIN ATM milik korban yang saat itu sedang sekarat.

Kronologi Kejadian

Kasus pembakaran mayat wanita di dalam mobil Xenia ini bermula saat korban menagih utang kepada pelaku senilai Rp100 juta, dari total utang Rp145 juta. Pelaku dan korban berkomunikasi melalui WhatsApp (WA) pada Senin (19/10/2020) dan membuat janji bertemu di area kandang ayam pada Selasa (20/10/2020).

Hubungan Eko dan Yulia: Rekan Bisnis Sampai Jadi Pembunuh Sadis

Pada hari kejadian, korban tiba di lokasi kandang ayam sekaligus mengecek ternak ayam miliknya Selasa sore. Di saat korban hendak menuju mobil miliknya, Daihatsu Xenia bernopol AD 1526 EA, tiba-tiba dari belakang pelaku menghantam linggis hingga korban terjatuh. Dalam kondisi itu pelaku menyeret tubuh korban menuju kandang ayam.

Dengan kondisi sekarat, korban dipaksa memberikan nomor PIN ATM. Seusai dihabisi, pelaku membawa korban ke dalam mobil Xenia. Korban diletakkan di jok belakang mobil tersebut. Pelaku lantas membawa korban ke halaman toko bangunan Mekar Jaya di Dukuh Cendana Baru, Desa Sugihan, Kecamatan Bendosari malam harinya. Guna menghilangkan barang bukti, pelaku membakar korban dengan kondisi telah meninggal dunia di dalam mobil Xenia. Pelaku lantas meninggalkan lokasi.

Ini 7 TKP Kasus Pembunuhan Yulia di Sukoharjo

Saat kejadian itulah ada warga yang melihat mobil terbakar dan melaporkan kepada pemilik toko bangunan. Namun bukan mobil miliknya dan dilaporkan ke pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Di saat api berhasil dipadamkan itulah warga melihat sosok jasad dalam kondisi terbakar di dalam mobil. Polisi yang mendapatkan laporan langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan saksi di lokasi. Tanpa butuh waktu lama, 1x24 jam polisi berhasil membekuk pelaku di rumahnya pada Rabu (21/10/2020) dini hari.

Pelaku sengaja menghabisi korban dengan harapan masalah utangnya terselesaikan. Atas tindakan itu, pelaku dijerat dengan pasal berlapis yakni Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan, dan Pasal 187 KUHP tentang pembakaran. Ia terancam hukuman mati.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom