SOLOPOS.COM - Rapat mediasi Ahok dan DPRD yang berakhir ricuh (Istimewa/Youtube)

Kasus UPS DKI Jakarta akan membuat Ahok diperiksa Bareskrim. Tujuannya untuk mengonfirmasi bukti-bukti kasus itu.

Solopos.com, JAKARTA — Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim bakal memeriksa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus dugaan korupsi pengadaan uninterruptible power supply pada APBD-P DKI 2014, Kamis (25/2/2016).

Promosi Jadi Merek Bank Paling Berharga di RI, Nilai Brand BRI Capai US$5,3 Miliar

“Informasi yang saya dapat dari teman-teman penyidik, benar dalam waktu dekat akan diperiksa Pak Gubernur untuk dimintai keterangannya sebagai saksi,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol. Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (24/2/2016).

Agus mengatakan penyidik membutuhkan kesaksian pria yang akrab disapa Ahok itu untuk tersangka Firmansyah dan Fahmi Zulfikar. Menurut dia pemeriksaan Ahok nanti bertujuan mengkonfirmasi bukti yang selama ini sudah diperoleh penyidik.

“Dalam menyidik, penyidik bisa saja meminta keterangan yang bersangkutan satu atau dua kali. Kami ingin sekali perkara dapat selesai tanpa berbelit-belit,” katanya.

Sebelumnya, Ahok juga pernah dimintai keterangannya dalam kasus serupa di Bareskrim pada 29 Juli 2015. Saat itu, penyidik bertanya kepada Ahok soal proses Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang harus menggunakan memo kesepakatan antara Pemprov DKI dengan DPRD.

Dalam kasus ini, Bareskrim telah menetapkan lima tersangka yakni mantan Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat Alex Usman, Kasi Sarpras Sudin Dikmen Jakarta Pusat Zaenal Soleman, M. Firmansyah, anggota Komisi E DPRD DKI Firmansyah, dan anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, anggota Badan Anggaran Fahmi Zulfikar, dan Dirut PT Offistarindo Adhiprima Harry Lo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya