Tutup Iklan

KASUS SUAP PLTU LAMPUNG : Tolak Dakwaan Jaksa KPK, Emir Moeis Bacakan BAP 15 Saksi

 Emir Moeis (Dok/JIBI/Bisnis)

SOLOPOS.COM - Emir Moeis (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Mantan anggota DPR Izedrik Emir Moeis membantah dakwaan jaksa KPK yang menyebut dirinya menerima US$423.958 terkait proyek PLTU Tarahan Lampung. Emir menyanggah dakwaan jaksa KPK dengan mengutip keterangan 15 orang saksi dalam berita acara pemeriksaan (BAP).

“Dari 15 orang dan badan yang memproses tender, semuanya mengatakan tidak mengetahui tentang peran Izedrik Emir Moeis dalam perencanaan dan pelaksanaan pengadaan dan pembangunan PLTU Tarahan,” kata Emir Moeis membaca nota keberatan (eksepsi) dalam persidangan lanjutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Keterangan sejumlah saksi dalam penyidikan perkara yang dikutip Emir Moeis diantaranya Ketua Panitia Pengadaan proyek PLTU Tarahan Lampung, Bambang Tetuko, yang menyatakan tidak mengenal dan bertemu Emir Moeis. Pengakuan serupa juga disampaikan sekretaris panitia pengadaan, Rachmad Lubis, dan sekretaris panitia pengadaan internasional, Mochammad Yusuf, dalam masing-masing BAP-nya.

Selain itu, Emir juga mencuplik keterangan Eddi Widiono Suwondho yang menjabat Dirut PLN saat proyek dikerjakan. “Saya tidak pernah melakukan pertemuan pembahasan tentang proses perencanaan dan pelaksanaan pengadaan pembangunan PLTU Tarahan dengan Emir Moeis,” sebut Emir membacakan keterangan Eddie.

Menurut Emir, penentuan pemenang proyek PLTU Tarahan adalah Japan Bank For International Cooperation (JBIC). Emir mengaku heran dengan tidak dipanggilnya pihak JBIC dalam proses penyidikan perkara ini.

“Kalau saya mau mengatur kemenangan untuk Alstom Power Inc., saya mesti menghubungi panitia pengadaan PLTU Tarahan, Direksi PL, Tokyo Electric Power Services, dan JBIC. Namun dari fakta-fakta yang dihimpun KPK sendiri, tidak satu pun yang menyatakan keterlibatan saya dalam proses tersebut,” paparnya.

Atas eksepsi ini Emir meminta majelis hakim yang diketuai Matheus Samiaji menolak dakwaan jaksa KPK dalam putusan selanya. Emir didakwa jaksa KPK menerima duit US$ 423.958 dari Alstom Power Incorporate AS dan Marubeni Incorporate Jepang terkait proyek pembangunan PLTU Tarahan.

Duit diberikan ke Emir yang saat itu berada di Komisi VIII bidang energi melalui Pirooz Muhammad Sarafi selaku Presiden Pacific Resources Incorporate. Tujuan pemberian duit agar Emir mengusahakan Alstom Power Incorporate sebagai pemenang tender PLTU Tarahan.

Emir didakwa dengan Pasal 12 huruf b dan Pasal 11 UU Nomor 31/1999 jo UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Perbandingan UMK Tahun 2021/2022 di 35 Kabupaten/Kota Jawa Tengah

Rata-rata UMK tahun 2022 di 35 kabupaten/kota di Jateng mengalami kenaikan antara Rp1.403, 11 hingga Rp27.066,05 apabila dibandingkan dengan tahun 2021.

Bupati Karanganyar: Anak Down Syndrome Pasti Punya Kelebihan Luar Biasa

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan para orang tua yang memiliki anak down syndrom harus menerima dengan senang dan ikhlas. Sebab, buah hati itu adalah titipan dari Tuhan dan pasti memiliki kelebihan yang luar biasa.

Emas Masih Cuan untuk Investasi Pada 2022, Simak Prediksinya

Bagi yang merencanakan investasi pada tahun depan, emas bisa jadi pilihan. Emas disebut masih memiliki potensi yang positif untuk investor pada 2022 mendatang.

Musim Tanam Padi di Madiun, Pembelian Pupuk Bersubsidi Malah Dibatasi

Petani di Kabupaten Madiun mengeluhkan ketersediaan pupuk bersubsidi dan pembatasan pembelian per petak sawah per petani karena dinilai tidak sesuai kebutuhan.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Layanan Prodia Mobile Paling Diminati

Laboratorium Klinik Prodia Semarang terus mengoptimalkan pelayanan secara digital, dalam beberapa waktu terakhir

Hari Ibu Tanggal 22 Desember, Begini Sejarahnya di Indonesia

Bagaimana cerita sejarah awal mula Hari Ibu Nasional diperingati tanggal 22 Desember setiap tahunnya, ada yang tahu?

Korban Meninggal Erupsi Semeru Bertambah, BNPB Terus Perbarui Data

BNPB akan terus melakukan pemutakhiran data korban meninggal dalam bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kali terakhir tercatat 14 orang meninggal.

Profil dan Sepak Terjang Siskaeee, Pernah Buat Konten Mesum Bareng Ojol

Berikut ini terdapat profil dan sepak terjang Siskaeee, perempuan viral yang memamerkan payudara dan kemaluannya di Bandara YIA.

Dulu Evakuasi Mbah Maridjan, Kendaraan Ini Kini Diterjunkan ke Semeru

Sebanyak 2 unit Hagglund PMI dibantu personel Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan menembus permukiman Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DIY saat erupsi Merapi tahun 2010.

Lokasi WNA Ukraina Tersesat di Merbabu Ternyata Jadi Habitat Elang Jawa

Blok Tulangan yang menjadi lokasi penemuan warga negara asing (WNA) yang tersesat di lereng Gunung Merbabu ternyata menjadi habitat dari elang jawa yang terancam punah.

Resmi, Dirut PT Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. (kiri) kembali terpilih sebagai Ketum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS Solo.

PMI Kerahkan 2 Unit Hagglund ke Lokasi Erupsi Semeru, Ini Kekuatannnya

Palang Merah Indonesia (PMI) menerjunkan 2 unit mobil Hagglund ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

6 Tahun Tugu Insurance Pertahankan Global Financial Strength Rating A

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia (Tugu Insurance) mempertahankan predikat Financial Strength Rating A-(Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating of A- (Excellent) dari A.M. Best.

Lagi Viral Kuliner Rating Rendah di Soloraya, Banjir Komentar Sadis

Baru-baru ini viral di media sosial potret review kuliner rating rendah di Google Review yang mengulas salah satu warung makan di Soloraya.

Awal Pekan, Yuk Cek Harga Emas di Pegadaian Senin 6 Desember 2021

Di awal pekan, harga emas 24 karat yang dijual Pegadaian baik cetakan Antam maupun UBS, pada Senin (6/12/2021) terpantau stagnan atau sama dengan harga kemarin.