SOLOPOS.COM - Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan (Dok/JIBI/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan bersikukuh uang Rp7,5 miliar yang dikirimnya ke rekening CV Ratu Samagat, perusahaan milik istri Akil Mochtar, sekedar bentuk investasi di bidang perkebunan kelapa sawit.

Adik Ratu Atut itu menampik dirinya menyuap dan terkait pengurusan sengketa Pilkada Banten. “Untuk investasi kelapa sawit,” ujarnya di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (19/5/2014).

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Namun, saat dicecar lebih dalam soal investasi kelapa sawit itu, Wawan kesulitan untuk menjelaskan. “Investasi Rp7,5 miliar itu dapat kebun kelapa sawit berapa hektare?” tanya hakim anggota, Gosen Butar Butar.

Wawan mengaku tak tahu berapa hektar kebun kelapa sawit yang dia dapat dari investasi Rp7,5 miliar itu. Wawan juga tak pernah melihat wujud kebun kelapa sawit itu. “Saya kurang tahu berapa hektare luasnya, yang saya tahu di daerah Kalimantan saja,” jawab Wawan.

“Ada (surat) perjanjiannya tidak? Sudah dapat berapa keuntungannya?,” cecar hakim Gosen. “Perjanjian saya hanya baca, tapi tidak tahu isinya. Kalau ini investasi jangka panjang, keuntungan baru akan didapat setelah lima tahun. Saya juga percaya pada Bu Akil,” kata Wawan.

Dalam dakwaannys, Wawan sebagai ketua tim pemenangan Ratu Atut-Rano Karno berhasil memenangkan Pilgub Banten pada 22 Oktober 2011. Namun pada 30 Oktober 2011, pasangan Wahidin Halim-Irna Narulita dan Jazuli Juwaini-Makmun Muzakki mengajukan permohonan keberatan ke MK.

Singkat cerita, demi memenangkan gugatan Pilkada Banten, Wawan pada Oktober hingga November 2011 memerintahkan koleganya mengirim uang ke Ketua MK saat itu, Akil Mochtar. Uang dikirim dengan cara transfer ke rekening Bank Mandiri Cabang Pontianak atas nama CV Ratu Samagat milik istri Akil, Ratu Rita, secara bertahap yang totalnya Rp7,5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya