SOLOPOS.COM - Ahmad Fathanah (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman mengaku memberi duit Rp300 juta ke Komisaris PT Radina Bioadicita, Elda Devianne Adiningrat. Maria bersikukuh duit yang diberikan ke Elda bukan untuk Ahmad Fathanah.

“Untuk oil. Dia (Elda) pergi ke Horison, dia selalu bayar, makan dia bayar,” ujar Maria saat diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Maria, uang sebesar Rp300 juta diserahkan kepada Elda guna pengganti uang transport dan uang makan atas proyek yang tengah mereka tangani.

Maria menerangkan permintaan duit ini disampaikan Elda saat berangkat ke Medan pada 10 Januari 2013. “Pagi-pagi Elda telepon minita uang. Saya katakan berapa perlunya, dia bilang 300. Kan dia sudah kerja pak dua bulan lebih,” ujarnya di persidangan.

Lebih lanjut kata Maria, Elda pernah menawarkan kuota 100-200 ton daging sapi untuk dibeli perusahaannya. “Ada temannya punya kuota 100-200 ton yang dia tidak pakai, apakah saya mau memakainya,” ujarnya.

Namun pernyataan Maria ini berbeda dengan kesaksian Elda pada 1 Aprik 2014. Di muka persidangan, Elda menerangkan mengenai soal uang Rp300 juta dari PT. Indoguna Utama merupakan permintaan Ahmad Fathanah.

Elda menyatakan awalnya Ahmad Fathanah menyampaikan kepadanya perihal permintaan uang itu. Ahmad Fathanah, papar dia, meminta sumbangan dari Maria Elizabeth Liman buat kegiatan Luthfi Hasan Ishaaq dalam Safari Dakwah PKS 2013.

Elda melanjutkan, saat itu uang kiriman Maria sebesar Rp300 juta diterima oleh mantan anak buahnya, Jerry Roger untuk diberikan kepada Ahmad Fathanah. “Saya tidak memegang fisiknya. Dipegang sama Jerry. Jerry yang berikan ke Fathanah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya