SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyuapan (Google/malikus.com)

Solopos.com, JAKARTA — Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Mabes Polri, resmi menetapkan tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang terhadap mantan Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat, Langen Projo dan bos PT Kencana Lestari, Hery Liwoto.

“TPPU sudah terbukti dan tadi malam sudah ditetapkan penahanan selama 20 hari pertama,” kata Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Arief Sulistyanto di Mabes Polri, Jumat (17/1/2014). Penetapan tersangka itu dilakukan setelah Langen dinilai meyakinkan menerima suap berupa sepeda motor Harley Davidson dari Hery Liwoto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Arief, pada waktu pemeriksaan awal, keduanya saling mengelak. Tetapi pada pemeriksaan berikutnya Hery Liwoto kooperatif untuk memberikan keterangan yang sebenarnya dan mengakui telah memberi Harley Davidson kepada Langen Projo. “Setelah diperiksa terpisah, LP juga mengakui telah menerima pemberian Harley Davidson dari Hery Liwoto,” ungkapnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Saat ini, Langen menjabat Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kantor Wilayah BC Riau dan Sumatra Barat, itu dijebloskan ke sel Bareskrim Polri. Sedangkan Hery, yang merupakan pengusaha ekspor impor berbagai produk asal China, itu dijebloskan ke sel Polda Metro Jaya.

“Penahanan dua orang tersangka itu dilakukan di tempat berbeda. LP di Bareskrim, HL di Polda Metro Jaya,” kata Arief. Dijelaskan Arief, keduanya mulai ditahan setelah menjalani pemeriksaan intensif hingga pukul 20.00, Kamis (16/1/2014).

Tak hanya itu, Bareskrim Polri juga menemukan bukti pendukung yang kuat antara lain dokumen penjualan yang direkayasa. Seperti diberitakan Solopos.com, dalam kasus itu Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Mabes Polri menemukan 3 rekening kernet atau pembantu sopir yang nilainya mencapai Rp19,7 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya