SOLOPOS.COM - Infografis Gejala Covid-19 (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, GROBOGAN -- Kasus baru positif terjangkit virus corona atau Covid-19 di Grobogan, Jawa Tengah, kembali melonjak di pengujung Tahun 2020.

Sempat landai selama dua hari, kasus baru Covid-19 di Grobogan justru meningkat tajam pada Minggu (27/12/2020) dengan 37 orang terkonfirmasi positif terpapar virus corona.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebenarnya dua hari sebelumnya pada Jumat (25/12/2020) dan Sabtu (26/12/2020) kasus baru mulai melandai. Di mana pada Jumat hanya ada tujuh kasus baru, kemudian Sabtu ada delapan kasus baru positif Covid-19.

Berawal Ketukan di Jendela, Ini Kronologi Terbunuhnya Wanita Kismantoro Wonogiri

Namun dengan adanya tambahan 37 kasus baru dalam sehari pada Minggu, maka total kasus baru positif Covid-19 selama bulan Desember hingga tanggal 27 mencapai 575 orang.

Paling banyak di Kecamatan Purwodadi dengan penambahan 116 kasus baru sejak awal Desember. Yang mengkhawatirkan, dari 37 kasus baru tersebut ada satu pasien bayi yang baru lahir di Kecamatan Purwodadi.

Satgas Covid-19 masih melakukan pelacakan dari mana bayi tersebut terpapar virus corona. Selain bayi, ada juga dua anak balita dari Kecamatan Karangrayung kena Covid-19.

Jateng Diprediksi Hujan, BMKG: Waspada Bencana Hidrometeorologi!

Sekretaris Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan penambahan 37 kasus baru berasal dari 13 kecamatan.

Yakni, dari Kecamatan Godong 8 kasus, Toroh 7 kasus, Purwodadi 5 kasus, Grobogan 4 kasus, dan Klambu 3 kasus.

Kemudian Kecamatan Karangrayung 2 kasus, Tegowanu 2 kasus, Brati, Kedungjati, Gabus, Pulokulon, Wirosari, dan Tawangharjo masing-masing satu kasus.

“Untuk kasus baru hari ini, semuanya menjalani isolasi mandiri. Dari 37 kasus baru ini, beberapa di antaranya merupakan klaster keluarga,” katanya.

Pendaftaran Capres Pasoepati Mulai Dibuka, Calon Dilarang Pamer Massa

Data yang dihimpun pada Senin (28/12/2020) menyebutkan, klaster keluarga dalam kasus baru Covid-19 pada Minggu ada di Kecamatan Godong, Klambu, dan Kecamatan Toroh.

Isolasi Mandiri

Selain ada 37 kasus baru, Endang menyatakan ada juga kabar gembira, yakni 18 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sedangkan untuk kasus kematian pasien positif Covid-19 nihil.

Dengan perkembangan ini, maka total kasus positif corona di Grobogan total menjadi 1.345 orang. Rinciannya, jumlah pasien sembuh ada 1.062 orang, dan pasien meninggal 117 orang.

Kuasa Hukum Rizieq Syihab Tanggapi Somasi PTPN VIII

Sedangkan pasien yang masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri ada 166 orang.

Dengan masih tingginya kasus Covid-19 di Grobogan, Endang meminta masyarakat memahami bahwa pandemi belum selesai. Sehingga masyarakat diminta selalu melaksanakan protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari agar terhindar dari penularan Covid-19.

”Gunakan masker, jaga jarak, jangan berkerumun, dan cuci tangan pakai sabun di air mengalir untuk mencegah penularan Covid-19,” imbuh Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya