SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

London (Solopos.com)–Kelompok media milik Rupert Murdoch di Inggris, News International memasang iklan permohonan maaf di koran-koran Inggris. Iklan ini tak lama setelah Rupert Murdoch memasang iklan berjudul We are sorry.

Iklan terbaru itu berjudul Putting right what’s gone wrong. Di dalamnya tertulis bahwa kewajiban perusahaan termasuk “bekerjasama penuh dengan polisi” dan memberikan “kompensasi untuk mereka yang terkena dampak.” Perusahaan itu juga “berkomitmen untuk berubah.”

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam kaitannya dengan penyelidikan polisi, tertulis: “Tidak ada alasan dan harus tidak ada tempat untuk bersembunyi. Kami tidak akan mentolerir kesalahan dan akan bertindak berdasarkan bukti.” Demikian dilaporkan The Sydney Morning Herald (SMH), Minggu (17/7/2011).

Iklan itu juga berbunyi, “Mohon maaf atas kesalahan kami dan memperbaiki (kesalahan-kesalahan) itu hanyalah langkah pertama kami. Ini mungkin memerlukan beberapa waktu bagi kami untuk membangun kembali kepercayaan dan keyakinan, tapi kami bertekad untuk hidup sesuai dengan harapan para pembaca, kolega dan mitra kami. Kami tidak akan berhenti sampai masalah ini tuntas. ”

Kerajaan media Murdoch mendapat tekanan setelah keluarga Milly Dowler, seorang anak perempuan yang tewas dibunuh namun teleponnya disadap oleh News of The World (NOTW) sehingga sempat dianggap masih hidup oleh keluarganya, terungkap. Mingguan NOTW juga diperkirakan menyadap telepon milik para korban serangan bom di London, Juli 2005.

Belakangan diketahui tabloid beroplah 2,8 jutadan berusia 168 tahun itu kerap melakukan penyadapan terhadap sejumlah tokoh untuk keperluan pemberitaan. News of the World telah berhenti terbit pekan lalu dengan edisi terakhir berjudul Sorry and good bye. Tetapi kasusnya terus berjalan.

Selain di Inggris, penyadapan telepon diduga juga terjadi di AS. Saat ini FBI tengah menyelidiki dugaan itu. Skandal ini disebut-sebut merupakan terburuk di sepanjang sejarah media massa.

Murdoch adalah raja media asal Australia yang kini menjadi warga negara AS. Dia berkibar dengan bendera News Corp. Media yang dimilikinya antara lain The Sun, The Daily Telegraph, Fox Broadcasting Company dan The Wall Street Journal.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya