SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Komisi Pemberantasan Korupsi terus mendalami kasus dugaan suap pengurusan anggaran pengadaan Alquran dan laboratorium komputer MTs di Kementerian Agama.

Pada, Senin (29/10), KPK melakukan pemeriksaan terhadap Vasco Rusemy yang berasal dari pihak swasta. Dari pantauan Bisnis, Vasco telah memenuhi panggilan KPK.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Mengenakan pakaian batik warna cokelat, Vasco tiba di KPK sekitar pukul 10.00 WIB. Meski begitu dirinya tidak berkomentar mengenai pemanggilan hari ini dan langsung menuju lobi KPK.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha mengatakan bahwa Vasco diperiksa sebagai saksi untuk Dendy Prasetya dan Zulkarnaen Djabar, dua tersangka kasus tersebut.

“Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DP dan ZD,” ujar Priharsa ketika dikonfirmasi, Senin.

Selain Vasco, KPK juga melakukan pemeriksaan terhadap Rizky Moelyoputro dan Syamsurachman.  Keduanya berasal dari pihak swasta.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan Dendy sebagai tersangka dugaan suap pembahasan anggaran pengadaan Alquran dan laboratorium untuk madrasah tsanawiyah di Kementerian Agama. Tak hanya Dendy, KPK juga menetapkan anggota Komisi VIII DPR RI, Zulkarnaen Djabbar sebagai tersangka kasus itu. Ayah dan anak tersebut diduga menerima suap sedikitnya lebih dari sepuluh miliar rupiah. Uang suap diberikan untuk mengarahkan nilai anggaran proyek di Kementerian Agama.

Rinciannya, anggaran pembangunan laboratorium sistem komunikasi di Madrasah Tsanawiyah tahun 2010/2011 adalah sebesar Rp31 miliar dan anggaran pengadaan Alquran ialah senilai Rp20 miliar tahun 2011/2012 di Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama.

Atas perbuatan itu, keduanya diduga melanggar Pasal 5 ayat (2), Pasal 12 huruf a atau b dan atau Pasal 11 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya