SOLOPOS.COM - Adang Darajatun (FOTO/Dok)

Adang Darajatun (FOTO/Dok)

JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) hari ini memanggil mantan Wakapolri Adang Darajatun. Politisi PKS itu dipanggil sebagai saksi untuk istrinya sendiri, Nunun Nurbaetie.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Adang Daradjatun, anggota DPR dipanggil sebagai saksi untuk NN,” tutur Kabag Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha ketika dihubungi, Selasa (17/1/2012).

Adang sebelumnya memang disebut-sebut terkait dengan kasus cek pelawat ini, bukan hanya statusnya sebagai suami dari Nunun. Berdasarkan dokumen penyelidikan, Adang diduga mengarahkan Fraksi TNI/Polri di Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat agar memilih Miranda Swaray Gultom.

Perintah itu disampaikan Adang -yang waktu itu masih menjabat Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) melalui anggota Komisi dari Fraksi TNI/Polri, Udju Djuhaeri. Mereka akrab karena Udju adalah bekas anak buah Adang di Kepolisian Daerah Jawa Barat. Saat itu Adang menjabat Kepala Polda dan Udju Kepala Direktorat Intel Polda pada 1999-2000.

Dalam pemeriksaan Nunun Nurbaetie, KPK juga mencecar tersangka cek pelawat itu mengenai keterlibatan Adang Daradjatun. Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto membenarkan, penyidik KPK menanyakan hal itu kepada Adang.

“Kalau Anda baca pertanyaan terhadap ibu NN, ada beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan itu,” tutur Bambang di sela-sela menghadiri hasil survei nasional Lembaga Survei Indonesia (LSI), Jl Lembang Terusan, Menteng, Jakpus, Minggu (8/1/2012).

Sayangnya, Wakil Ketua KPK yang membawahi bidang Penindakan dan Pencegahan ini menolak menjabarkan jawaban Nunun ketika penyidik menanyakan peran Adang.

“Cuma kan saya tidak bisa buka jawabannya. Bagaimana detil strateginya tidak bisa dikemukakan juga,” tutur Bambang. detikcom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya