Kasus Meningkat, Varian Omicron akan Pengaruhi Ekonomi Indonesia?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewaspadai peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron yang berpotensi memengaruhi kinerja ekonomi kuartal I-2022.

 Ilustrasi varian baru Covid-19, Omicron. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi varian baru Covid-19, Omicron. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewaspadai peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron yang berpotensi memengaruhi kinerja ekonomi kuartal I-2022.

“Perkembangan Omicron sudah masuk ke Indonesia dan ini akan menjadi perhatian kita agar tidak memengaruhi terlalu banyak kinerja dari pemulihan ekonomi terutama kuartal I-2022,” kata Menkeu dalam Raker bersama Komisi XI DPR di Jakarta, Kamis (27/1/2022) seperti dilansir Antara.

PromosiPotret Kelam Tragedi Heysel, Renggut 39 Nyawa di Final Liga Champions

Sri Mulyani menyebutkan kasus rata-rata tujuh hari dunia per 25 Januari 2022 mencapai 3,31 juta dengan kematian sebanyak 8.000 sedangkan di Indonesia adalah 1.808 kasus.

Jika dilihat berdasarkan negara, kasus rata-rata tujuh hari di Amerika Serikat (AS) mencapai 616.000 dengan kematian 2.159, Perancis 366.200, India 312.000, Italia 162.400, Brasil 159.800, Spanyol 125.300, Jerman 116.600, dan Argentina 103.300.

Baca Juga: Kasus Omicron Cetak Rekor, Swedia Perpanjang Pembatasan Dua Pekan

“Indonesia masih rendah namun kita memiliki kewaspadaan yang tinggi dengan tren kenaikan terutama Omicron dari penularan yang sekarang sifatnya lokal,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani mengatakan Presiden Joko Widodo telah meminta seluruh jajaran untuk segera meningkatkan vaksinasi termasuk booster sebagai langkah mencegah potensi terjadi gelombang Omicron.

Sementara jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi Covid-19 dosis pertama per 26 Januari 2022 adalah sebanyak 182,5 juta orang atau 87,63 persen sedangkan dosis kedua sebanyak 125,67 juta orang atau 60,34 persen.

Pemerintah sendiri menetapkan sasaran vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity kepada sekitar 208,26 juta orang.

Baca Juga: Waspada! Gejala Omicron Bisa Bertahan Lama di Tubuh

Sri Mulyani pun memastikan percepatan vaksinasi akan dilakukan sembari pemerintah mengkalibrasi masa pandemi menuju endemi yang ternyata jalurnya tidak mudah mengingat muncul Omicron.

“Transisinya akan terus kita kalibrasi. Kita akan terus menggunakan semua instrumen kebijakan secara fleksibel karena path atau perjalanan ke endemi ini tidak smooth,” katanya.

Ia menambahkan, setiap negara kini juga terus bersinergi untuk melakukan penelitian dalam rangka mengetahui perkembangan berbagai potensi varian lain serta menemukan vaksin dan pengobatan yang lebih baik.

“Setiap negara terus mencoba jadi kita akan melihat termasuk perkembangan dari varian atau jenis virusnya serta kemungkinan ditemukannya vaksin dan pengobatan lebih baik,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Mengundang Bencana di Tanah Bencana

+ PLUS Mengundang Bencana di Tanah Bencana

Ekspansi industri dan pembangunan infrastruktur di kawasan pesisir Kota Semarang hingga Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, menicayakan krisis lingkungan berupa tanah ambles dan banjir atau rob.

Berita Terkini

PLN Siapkan Pengamanan Berlapis Dukung Kelancaran UTBK SBMPTN 2022

PLN pastikan keandalan listrik saat pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2022 di Jateng dan DIY.

Keren, Pegawai BRI Ini Harumkan Nama Bangsa di SEA Games Vietnam

Bagi Muhammad Chuwaizam atau biasa dipanggil Izam, 33, menjadi pegawai di salah satu perusahaan BUMN tidak menghalangi cita citanya untuk berprestasi

Telanjur Transfer Uang? Ini Cara Blokir Rekening Penipu

Di era digital yang marak penipuan online, mengetahui cara memblokir rekening penipu sangat penting untuk diketahui.

Antam Naik Tipis, Cek Harga Emas Pegadaian Kamis 26 Mei 2022

Pergerakan harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (25/5/2022) ini terpantau turun untuk cetakan UBS dan naik untuk cetakan Antam.

Hindari Klaim Asuransi Gagal Bayar, Ini Rahasia BRI Life

PT Asuransi BRI Life memiliki strategi khusus dalam mengantisipasi potensi klaim asuransi gagal bayar.

Tidak Sulit, Begini 3 Cara Cek Rekening Penipu Secara Online

Bukan hanya pihak berwenang, cara cek rekening penipu secara online juga bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Pernikahan Adik Jokowi Kerek Okupansi, Anwar Usman Nginap di Hotel Ini

Momen pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi mampu mendongkrak okupansi hotel-hotel di Kota Solo.

Semen Gresik Sukses Kampanye Zero Gratification pada Idulfitri 1443 H

Kampanye zero gratification sukses dilaksanakan, PT Semen Gresik (PTSG) mencatat nihil gratifikasi selama Idulfitri 1443 H.

Hadiri WEF 2022, Dirut BRI Tegaskan Komitmen Dorong Inklusi Keuangan & ESG

Topik yang menjadi bahasan utama dalam WEF 2022 di antaranya adalah globalisasi, digitalisasi, implementasi ESG Global, serta inklusi keuangan.

Kurs Rupiah Ditutup Menguat Rp14.617,5 per Dolar AS, Rabu (25/5/2022)

Melemahnya dolar telah berhenti baru-baru ini karena kemungkinan Federal Reserve mempercepat misi kenaikan suku bunganya pada akhir tahun.

Subsidi Minyak Goreng Dicabut, Inflasi Mengintai

Ekonom Institute of Development on Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti mengatakan harga minyak goreng seharusnya kembali ke normal, yaitu di kisaran Rp10.000 hingga Rp15.000 per liter.

Jokowi Optimistis Harga Minyak Goreng Rp14.000 Per Liter Pekan Depan

Pemerintah, menurut Jokowi, sudah menemukan titik terang penyebab sekaligus solusi atas mahalnya harga minyak goreng.

Kartu Prakerja Gelombang 30 Dibuka, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

Lewat akun Instagram @prakerja.go.id, pendaftaran program kartu prakerja gelombang 30 diumumkan telah dibuka pada Sabtu (21/5/2022).

Peran Mantri BRI Perkuat Financial Advisory dan Perekonomian Desa

Selaku tenaga pemasar, Mantri BRI mengidentifikasi wilayah bisnis sebagai suatu ekosistem.

Mantap, Iuran BPJS Kesehatan Tak Naik hingga 2024

Manajemen Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan tidak ada kenaikan iuran hingga 2024.

Setelah dari OVO, Mansek, TLDN, Mirza Adityaswara Mundur dari TOWR

Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terpilih periode 2022-2027 Mirza Adityaswara, kembali mengundurkan diri dari jabatan komisaris Independen PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR).