SOLOPOS.COM - Menkes Budi Gunadi Sadikin (Humas Setkab/Rahmat)

Solopos.com, JAKARTA --Kasus positif Covid-19 di Kudus, Bangkalan, dan DKI Jakarta telah terkonfirmasi sebagian karena virus Corona varian delta  atau yang Corona yang berasal dari India.

Mengutip Kabar24.com, Selasa (15/6/2021), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan beberapa daerah seperti Kudus, DKI Jakarta, dan Bangkalan sudah terkonfirmasi varian deltanya atau B1617.2.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Varian B1617.2.   atau juga varian dari India mendominasi kasus[di tiga daerah],” kata Menkes dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga : Gathering Bikin 17 Mahasiswa Untidar Magelang Terpapar Covid

Menkes menambahkan, varian Delta ini memiliki tingkat penularan yang lebih cepat walaupun tidak lebih mematikan. Walhasil, hal ini perlu diantisipasi melalui penerapan protokol kesehatan dan akselerasi vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, terkait akselerasi vaksinasi, kata Menkes, Presiden Jokowi meminta agar dilakukan hingga 700.000 vaksinasi per hari pada bulan ini atau Juni 2021. “Kemudian 1 juta vaksinasi per hari untuk bulan depan bisa juga dicapai,” ujarnya.

Kepala Negara sudah menugaskan TNI dan Polri untuk bersama-sama mengawal program vaksinasi melalui pemerintah daerah untuk bisa melakukan vaksinasi sampai 600.000 per hari. Sementara itu, sebanyak 400.000 per hari akan ditargetkan dilakukan melalui jalur sentra TNI dan Polri.

Baca Juga : 450 Menara BTS Dibangun Dukung Wisata Swafoto Jawa Tengah

Sebelumnya, Presiden Jokowi mendorong percepatan vaksinasi Covid-19. Dia berharap vaksinasi Covid-19 harian bisa mencapai 700.000 orang pada Juni 2021 dan terus meningkat pada Juli 2021.

“Sehingga di bulan Juli kita bisa masuk target vaksinasi per hari [mencapai] 1 juta,” kata Jokowi dalam konferensi pers setelah meninjau langsung kegiatan vaksinasi di RSUI Kota Depok seperti yang ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (9/6/2021).

Lebih lanjut, Kepala Negara berharap kegiatan vaksinasi massal terus digalakkan di daerah lain sehingga target tersebut bisa tercapai.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya