Kasus Korupsi PT Taspen, Kejakgung Sita Tanah & Bangunan di Solo

Tim Kejakgung menyita aset berupa tanah dan bangunan di wilayah Gajahan, Pasar Kliwon, Solo, yang diduga terkait kasus korupsi PT Asuransi Jiwa Taspen.

 Papan penyitaan aset tanah dan bangunan dipasang Tim Kejakgung di depan aset yang disita di Gajahan, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (12/5/2022) sore. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Papan penyitaan aset tanah dan bangunan dipasang Tim Kejakgung di depan aset yang disita di Gajahan, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (12/5/2022) sore. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Tim Kejaksaan Agung (Kejakgung) menyita sejumlah aset tanah dan bangunan di Solo yang terkait kasus korupsi proses investasi di PT Asuransi Jiwa Taspen 2017-2020 dengan tersangka Maryoso Sumaryono. Penyitaan dilakukan Kamis (12/5/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, ada tiga aset yang disita Tim Kejakgung di Kelurahan Gajahan, Pasar Kliwon, atas nama pemegang hak PT Swarna Surakarta Hadiningrat. Tiga aset itu berupa tanah SHGB Nomor 208 seluas 1.350 meter persegi. Kemudian SHGB Nomor 237 seluas 9.150 meter persegi dan SHGB Nomor 300 seluas 295 meter persegi.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Informasi tersebut diperoleh dari papan penyitaan yang dipasang Tim Kejakgung di dekat aset yang disita. Di papan penyitaan berwarna merah muda itu tertulis keterangan tanah/bangunan tersebut disita penyidik Kejagung berdasarkan penetapan PN Solo No. 164/Pen.Pid/2022/PN Skt tertanggal 25 April 2022.

Penyitaan aset itu juga mendasarkan SP Penyitaan Dirdik Jampidsus Kejagung No Print-101/F.2/Fd.2/05/2022 tertanggal 10 Mei 2022 dalam perkara korupsi investasi di PT Asuransi Jiwa Taspen.

Di papan penyitaan tersebut dicantumkan tiga aset yang disita termasuk nomor SHGB, luas, alamat, serta pemegang haknya. Berdasarkan pengamatan Solopos.com, aset yang disita di Gajahan ditutup dengan pagar seng yang dirantai dan digembok. Tapi bagian dalamnya masih bisa dilihat dari lubang.

Baca Juga: Dugaan Korupsi PT Taspen, Kerugian Negara Ratusan Miliar Rupiah

Bangunan Bergaya Klasik

Ketika Solopos.com mencoba mengintip lewat lubang tersebut tampak hamparan tanah dengan rumput hijau. Di bagian ujung terdapat bangunan kokoh dengan desain klasik. Terdapat gerobak berwarna biru yang ditutup terpal.

Seorang warga setempat menuturkan pemasangan papan penyitaan dilakukan pada siang hari. Menurutnya, tim yang datang ke lokasi dalam proses penyitaan aset terkait kasus korupsi investasi di PT Asuransi Jiwa Taspen tersebut cukup banyak.

“Sekitar jam 10.00 WIB tadi siang,” ujar warga yang enggan menyebutkan nama itu kepada Solopos.com, Kamis. Lokasi aset tanah dan bangunan yang disita tersebut terletak di sebelah barat Alun-Alun Kidul Keraton Solo. Tepatnya dekat jalur atau pintu kecil tembok keraton.

Baca Juga: Ada 1 di Solo, Taspen Ajak ASN dan Pensiunan Lebih Berdaya dengan Kios Warga

Terpisah, Kejaksaan Negeri (Kejari) Solo enggan memberikan keterangan terkait penyitaan aset itu lantaran hanya mendampingi tim dari Kejakgung. Sedangkan Lurah Gajahan, Suyono, kepada wartawan mengonfirmasi adanya penyitaan aset itu oleh Kejakgung.

Tapi ia mengakui hanya diminta untuk menjadi saksi atau menyaksikan proses penyitaan tersebut pada Kamis siang.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).