KASUS KORUPSI KUDUS : Walah, Dana Hasil Korupsi Bantuan Bencana Mengalir ke Pemandu Karaoke

KASUS KORUPSI KUDUS : Walah, Dana Hasil Korupsi Bantuan Bencana Mengalir ke Pemandu Karaoke

SOLOPOS.COM - Ilustrasi antikorupsi (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Dugaan korupsi diduga dilakukan oleh mantan bendahara BPBD Kudus.

Solopos.com, SEMARANG-Mantan Bendahara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Noor Kasiyan, diduga mengalirkan sebagian dana bantuan bencana yang digelapkannya kepada seorang wanita pemandu di sebuah tempat karaoke di daerah itu.

Hal tersebut terungkap dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, Selasa (19/5/2015), ketika seorang wanita berinisial Sg dimintai keterangan sebagai saksi.

Sg yang memiliki nama alias Maya itu mengungkapkan sering menemani terdakwa saat datang ke tempat karaoke.

"Kenal sejak Januari 2014, sekitar dua bulan selalu menemani nyanyi," katanya.

Selama sekitar dua bulan berkenalan itu, lanjut dia, terdakwa memperoleh pasokan uang dari terdakwa mencapai sekitar Rp61 juta.

Saksi mengaku tidak mengetahui asal uang yang dikirim dengan cara transfer antarrekening itu. Uang tersebut, lanjut dia, digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Selain Sg, pengadilan juga memeriksa tiga saksi lain yang dihadirkan jaksa.

Mantan Bendahara BPBD Kabupaten Kudus Noor Kasiyan didakwa menggelapkan dana bantuan untuk korban bencana tanah longsor di Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kudus, pada Januari 2014.

Dana bantuan tersebut berasal dari Erick Tohir Foundation dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Jaksa mendakwa Noor atas dugaan penggelapan yang besarnya diduga sampai Rp640 juta.

Berita Terkait

Berita Terkini

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).