SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

Kasus keracunan terjadi di Bogor. Puluhan orang dilarikan ke rumah sakit setelah makan getuk.

Solopos.com, JAKARTA-Sebanyak 53 orang terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Paru Goenawan Partowidigdo (RSPG), Cisarua, Bogor, karena mengalami keracunan makanan. Diduga, para korban mengalami keracunan karena mengkomsumsi makanan ringan berupa getuk.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Kanit Reskrim Polsek Cisarua, AKP Dali Saputra mengatakan, korban keracunan berasal dari dua tempat berbeda. Sebanyak 32 orang, merupakan karyawan RS Goenawan Partowidigdo, sedangkan 21 orang lainnya merupakan tamu hotel Royal Safari Garden, Puncak. Artinya, keracunan terjadi di dua lokasi yang berbeda. Namun menurutnya, penyebab keracunan diduga berasal dari makanan yang sama, yakni getuk.

Berdasarkan informasi, puluhan karyawan RS Paru Goenawan Partowidigo mengalami keracunan setelah mengkomsumsi makanan ringan berupa getuk (penganan berbahan singkong) yang disediakan pihak rumah sakit pada Jumat (15/5/2015) pagi. Makanan tersebut, berasal dari katering yang dipesan oleh pihak rumah sakit.

“Makanan yang menyebabkan tamu hotel keracunan, juga diduga dari makanan yang sama (getuk). Sebab, mereka (tamu hotel) juga mengalami keracunan setelah mengkomsumsi getuk. Diduga, cateringnya juga sama,” kata AKP Dali, seperti dilansir detikcom, Sabtu (16/5/2015).

“Kalau karyawan RSPG komsumsi getuk-nya pagi hari, tapi kalau tamu hotel, makan (getuk)nya sore,” tambahnya.

Dari keterangan beberapa saksi, ada tiga macam warna getuk yang dikomsumsi oleh korban keracunan baik dari karyawan RS Paru Goenawan Partowidigdo, maupun korban keracunan yang berasal dari tamu hotel Royal, yakni getuk warna kuning, coklat, dan hijau.

“Tapi diduga (getuk) yang ada racunnya, getuk yang berwarna hijau. Karena hanya yang memakan getuk warna hijau saja yang mengalami keracunan,” katanya.

Hingga Saat ini, puluhan korban keracunan masih menjalani perawatan medis di RS Paru Goenawan Partowidigdo. Sementara pihak kepolisian, masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. Selain memintai keterangan beberapa orang saksi, pihak kepolisian juga sudah mengamankan sampel makanan yang dikomsumsi para korban untuk diuji di laboratorium.

“Sementara ini, diduga penyebab keracunan adalah zat pewarna yang ada di makanan itu (getuk),” kata AKP Dali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya