Kasus Kematian Pasien Covid-19 Klaten Isoman di Rumah Bertambah

Kasus kematian pasien Covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, yang menjalani isolasi mandiri di rumah meningkat.

 Asal mula Covid-19 masih menarik diteliti. (Ilustrasi/Freepik)

SOLOPOS.COM - Asal mula Covid-19 masih menarik diteliti. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, KLATEN – Selain meningkatnya jumlah jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid-19, belakangan Posko Dukungan Satgas Penanganan Covid-19 banyak menerima permintaan pemulasaraan jenazah dengan protokol Covid-19 karena kasus pasien isolasi mandiri yang meninggal di rumah.

Koordinator Pemakaman Posko Dukungan Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Sasongko Agung Wibowo, mengatakan dari data harian pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 yang diterima posko dukungan, ada sejumlah kasus pasien yang meninggal dunia di rumah.

Agung kembali mengonfirmasi rata-rata pasien yang meninggal dunia di rumah 18-20 persen dari laporan harian yang diterima posko dukungan. Sisanya, pasien meninggal dunia di rumah sakit.

Sebagai informasi, pada 1-22 Juli 2021, ada sekitar 1.337 jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid-19 berdasarkan data yang diterima posko dukungan. Kondisi pasien beragam ada yang suspek, probable, serta terkonfirmasi positif Covid-19 (tes antigen dan PCR).

“Iya [18-20 persen pasien meninggal dunia di rumah],” kata Agung saat dikonfirmasi Solopos.com, Minggu (25/7/2021).

Baca juga: 6 Tahun Jadi Nasabah BRI, Tukang Bakso Asal Tawangsari Sukoharjo Boyong Grandprize Mobil

Agung menyebut riwayat jenazah tersebut beragam, Ada yang terkonfirmasi positif Covid-19, ada yang meninggal dunia dan dilakukan pengecekan atau tes antigen ternyata kondisi jenazah positif Covid-19. Ada pula kontak erat atau warga yang sebelumnya ikut menjalani isolasi mandiri lantaran serumah dengan keluarga yang positif Covid-19.

Soal pemulasaraan jenazah yang dilakukan posko dukungan, Agung mengatakan dilakukan oleh tim khusus yang disebut dengan nama tim Mawar. Seluruh proses pemulasaraan dilakukan oleh anggota tim dengan alat pelindung diri (APD) lengkap serta disesuaikan dengan ketentuan agama.

“Tim mawar di posko induk ada tiga tim. Tetapi sekarang sudah banyak pemulasaraan itu di back up oleh tim di wilayah karena sebelumnya mulai dilakukan pelatihan,” kata Agung.

Sebelumnya, Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengakui ada kasus pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah meninggal dunia di luar rumah sakit. Namun, secara angka belum bisa terperinci.

“Karena juga terkadang lokasi meninggalnya dimana ada yang belum detail, hanya disebutkan di luar rumah sakit. Tetapi memang ada. Karena itu kasus yang luar biasa, ada satu saja kasus itu kemudian menjadi pembicaraan di masyarakat,” kata dia.

Baca juga: Bikin Resah, 4 Pelaku Teror Lempar Batu ke Truk Dan Mobil Di Klaten Ditangkap

Sementara itu, Satgas Penanganan Covid-19 kembali mengumumkan perkembangan kasus Covid-19 di Klaten. Pada Minggu (25/7/2021), ada 351 pasien dinyatakan sembuh, penambahan 256 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, serta 51 pasien meninggal dunia.

“Hari ini kasus aktif terkonfirmasi Covid-19 di Klaten bertambah 256 kasus yang terdiri 217 orang dari rapid antigen dan 39 orang PCR. Juga ada 351 pasien dinyatakan sembuh dan 51 pasien meninggal dunia. Dari 51 pasien tersebut, 37 diantaranya termasuk terkonfirmasi baru serta 14 lainnya telah menjalani perawatan,” kata Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo.

Dari penambahan kasus Covid-19, 156 orang diantaranya terpapar saat beraktivitas sehari-hari di Klaten. Sebanyak satu orang terpapar saat berada di luar daerah sedangkan lainnya merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi Covid-19 sebelumnya.

Jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Klaten per Minggu menjadi 27.265 orang. Dari jumlah itu, 4.293 orang menjalani perawatan/ isolasi mandiri, 21.124 orang sembuh dan 1.848 orang meninggal dunia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Perempuan Boyolali Pecah Ketuban saat Hendak Tes SKD CPNS Solo

Seorang peserta seleksi CPNS Solo mengalami pecah ketuban saat menunggu giliran tes SKD di Auditorium UNS Solo.

Wisata Klaten Masih Tutup, Umbul Pelem Kehilangan Pendapatan hingga Rp1 Miliar

Objek wisata air Umbul Pelem, Desa Wunut, Kecamatan Tulung hingga kini masih tutup. Pendapatan yang hilang mencapai Rp1 miliar.

Belasan Makam di Polokarto Sukoharjo Dirusak, Batu Nisan Pecah Berserakan

Belasan makam di kompleks Permakaman Muslim Polokarto, Sukoharjo, dirusak orang tak bertanggung jawab, nisan pecah.

PPKM Solo Bertahan di Level 3 Meski Jumlah Kasus Covid-19 Jauh Menurun

Status PPKM Solo tetap bertahan di level 3 meski penambahan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 sudah jauh menurun.

Jadi Objek Wisata di Sragen, Ini Sejarah Gua Kuno Persembunyian Pangeran Mangkubumi

Gua kuno yang pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Mangkubumi di Dukuh Gebangkota, Desa Gebang, Masaran, Sragen, dikembangkan menjadi objek wisata

Vaksinasi Siswa SMA Sederajat di Wonogiri Rampung, PTM Kapan Digelar?

Vaksinasi dosis pertama sasaran siswa SMA/SMK sederajat di Kabupaten Wonogiri sudah rampung pada awal pekan ini.

Gua Kuno Tempat Persembunyian Pangeran Mangkubumi Jadi Objek Wisata di Sragen

Sebuah gua kuno yang pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Mangkubumi di Dukuh Gebangkota, Desa Gebang, Masaran, Sragen, dikembangkan menjadi objek wisata.

Hunian Warga di 4 RW Kelurahan Semanggi Solo Mulai Dirobohkan, Ada Apa Ya?

Seratusan hunian di lahan hak pakai (HP) empat wilayah RW Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, mulai dirobohkan, Minggu (19/9/2021).

Asale Sungai Bengawan Solo Mengalir dari Wonogiri ke Gresik

Bengawan Solo yang merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Pulau Jawa memiliki sejarah maritim yang penting pada masa Majapahit.

Cerita Warga Klaten Jadi Miliarder Berkat Uang Ganti Rugi Tol, Beli Mobil Malah Tabrak Pagar

Kepala Desa Kranggan, Polanharjo, Klaten, Gunawan Budi Utomo, mengatakan sejumlah warganya menjadi miliarder setelah mendapat uang ganti rugi proyek Tol Solo-Jogja.

Bulan Depan, Sekolah di Sukoharjo Berencana Tambah Kuota Siswa Hingga 50% saat PTM Terbatas

Sekolah negeri berencana menambah jumlah siswa yang mengikuti PTM terbatas dan simulasi hingga maksimal 50 persen dari total jumlah siswa pada Oktober.

Jadi Miliarder Berkat Jalan Tol Solo-Jogja, Warga Klaten Bangun 2 Rumah Sekaligus

Seorang warga Dusun Ngentak, Desa Kranggan, Polanharjo, Klaten, Ika Saraswati, menjadi miliarder baru setelah mendapat uang ganti rugi lahan proyek Jalan Tol Solo-Jogja.

33 Sekolah di Kota Solo Mulai PTM Pekan Depan, Ini Datanya

Sebanyak 9 SD dan 24 SMP di Solo akan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas mulai Senin (20/9/2021) pekan depan.

Daftar 25 Wilayah Rawan Tsunami di Pulau Jawa, 4 di Jateng Termasuk Wonogiri

Inilah 25 wilayah di Pulau Jawa yang memiliki potensi rawan bencana tsunami dan gempa bumi.

Potensi Tsunami 33,5 Meter di Wonogiri, 6 Pantai Ini Berpotensi Terdampak

Wonogiri menjadi salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana tsunami dengan ketinggian hingga 33,5 meter.