SOLOPOS.COM - Menteri Pertanian, Suswono. (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Menteri Pertanian, Suswono. (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA--Menteri Pertanian, Suswono dalam kesaksiannya di persidangan mengaku hanya dua kali bertemu dengan Ahmad Fathanah, tersangka kasus suap impor daging.  Lalu politikus PKS langsung mengubah keterangannya setelah jaksa KPK menunjukkan foto-foto pertemuan lain.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Saya dua kali bertemu Fathanah, pertama pada akhir 2012 di Takalang, Makasar. Kedua ya pertemuan Medan,” ujar Suswono di PN Tipikor, Jl Rasuna Said, Jaksel, Jumat (17/5/2013).

Pertemuan di Medan dilakukan pada Januari 2013 bersama dengan eks presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. Sedangkan pertemuan di Kabupaten Takalang dilakukan pada akhir 2012, saat ada pilkada di wilayah itu.

“Cuma dua itu saja. Saya juga tidak begitu mengenal yang bersangkutan,” kata Suswono.

Mendengar penjelasan Suswono, Jaksa KPK M Rum lantas mencecar si saksi. Jaksa menunjukkan foto yang didapatkan dari blackberry milik Fathanah. Dalam foto yang ditampilkan menggunakan proyektor tersebut, terlihat ada foto Suswono duduk berdampingan dengan Fathanah di suatu meja makan. Keduanya sama-sama tersenyum menghadap kamera. Foto diambil pada September 2012.

Ketika ditanyakan mengenai foto tersebut, Suswono mengaku lupa. Setelah sekitar dua menit mengingat, Suswono lantas berujar.

“Oo saya baru ingat, itu waktu sarapan di rumah dinas walikota Makasar,” ujar Suswono.

“Anda tadi bilang pertemuan ada dua kali, jadi ini pertemuan yang ketiga, begitu,” tanya jaksa M Rum menegaskan.

“Bisa jadi yang ketiga, bisa jadi yang kedua. Sepertinya yang di Makasar ini yang lebih dulu. Terima kasih sudah diingatkan,” kata Suswono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya