SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sumenep–Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mencatat dalam empat bulan terakhir ditemukan lima warga Sumenep positif tertular penyakit HIV/AIDS. Bahkan satu di antaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep Dzulkifli Mahmud, Senin (3/5) mengatakan mayoritas warga yang tertular adalah perempuan dengan usia 30 hingga 40 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dzulkifli menjelaskan, saat terdeteksi kondisi kesehatan para penderita tergolong sudah parah. Mereka tidak menyadari sudah lama tertular HIV/AID. ”Mereka baru tahu setelah berobat di Puskesmas,” ujarnya.

Dia membantah pihaknya lamban mendeteksi para penderita HIV/AIDS tersebut. Menurutnya, para penderita kebanyakan tertular di luar wilayah Sumenep. Sebab mereka sebelumnya bekerja di perantauan, seperti di Jakarta.

Untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran penyakit HIV/AIDS di Sumenep, Dinas Kesehatan gencar melakukan konseling kepada para penderita dan keluarganya. Selain itu, mereka yang pernah berhubungan dengan penderita akan diperiksa kesehatannya.

Menurut Dzulkifli, kasus HIV/AIDS di Sumenep terbilang tinggi. Tahun 2009 lalu ditemukan sembilan penderita, semuanya perempuan. Enam di antaranya meninggal dunia.

tempointeraktif/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya