SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Jumlah penderita penyakit demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada Januari 2019 meningkat hingga 47 persen dibanding bulan yang sama tahun 2018.

Kendati demikian, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim belum menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD di wilayah setempat.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Jatim Siti Murtini mengatakan penderita DBD di Jatim pada Januari 2019 sebanyak 1.634 orang, dengan sebanyak 32 orang di antaranya meninggal dunia. Sementara di bulan yang sama tahun sebelumnya hanya 1.114 orang penderita.

“Ini sudah jelas, karena masuk musim hujan. Biasanya kalau musim hujan tiba itu pasti akan diikuti dengan peningkatan penyakit DBD. Kalau angkanya, dibandingkan Januari 2018 itu kelihatan ada peningkatan sampai 47 persen. Dari 1.114 kasus meningkat menjadi 1.634 kasus,” kata Siti di Surabaya, Selasa (22/1/2019).

Siti Murtini menjelaskan berdasarkan data yang ada, kasus DBD tertinggi di Jatim pada Januari 2019 terjadi di Kabupaten Tulungagung dengan 223 kasus dan tiga orang dinyatakan meninggal.

“Peringkat kedua ditempati Kabupaten Kediri dengan 160 kasus penyakit DBD, 10 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia. Selanjutnya Kabupaten Bojonegoro dengan 114 kasus penyakit DBD, dengan dua orang dinyatakan meninggal dunia,” ucapnya.

Sementara itu, Kabupaten Ngawi berada di peringkat keempat dengan angka 99 kasus penyakit DBD, di mana dua orang di antaranya meninggal dunia.

Peringkat kelima adalah Kabupaten Blitar dengan angka 82 kasus, di mana satu orang di antaranya meninggal dunia. Hanya di Kota Batu yang tercatat tidak ada kasus penyakit DBD selama Januari 2019.

Siti Murtini mengaku pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka penyakit DBD di Jatim. Salah satunya dengan dikeluarkannya surat edaran dari Gubernur Jatim Soekarwo, yang ditujukan kepada seluruh bupati/wali kota untuk melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

“Kami juga meningkatkan program terbaru yaitu satu rumah satu jumantik. Harapannya maka jentik-jentik yang di lingkungan rumah itu menjadi tidak ada. Kalau jentik-jentik tidak ada nyamuk tidak ada,” ujar Siti Murtini.

Dia mencontohkan daerah yang berhasil menekan angka DBD adalah Kota Surabaya. Jika di tahun-tahun sebelumnya Surabaya selalu peringkat pertama kasus DBD, tahun ini berada di peringkat ke-30.

“Adanya upaya dari Bu Risma [Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini] untuk gencar lakukan gerakan satu rumah satu jumantik dengan melakukan pelatihan setiap tahun kepada guru, siswa dan ibu rumah tangga maka jentik di Surabaya mulai menurun dan angka bebas jentiknya meningkat,” ujarnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya