Kategori: Klaten

Kasus Covid-19 Tertinggi di Klaten, Klaten Utara Siapkan Gedung Isolasi Mandiri Tingkat Kecamatan


Solopos.com/Ponco Suseno

Solopos.com, KLATEN - Pemerintah Kecamatan Klaten Utara mulai menyiapkan gedung isolasi mandiri tingkat kecamatan guna menyikapi tingginya kasus Covid-19 yang terjadi di daerah setempat, Jumat (11/12/2020).

Dalam beberapa waktu terakhir, Kecamatan Klaten Utara berstatus sebagai daerah penyumbang terbanyak kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Klaten Utara hingga, Kamis (10/12/2020) mencapai 42 orang.

Jumlah tersebut tercatat paling tinggi di antara 26 kecamatan yang ada di Klaten. Di sisi lain, terdapat juga 35 orang yang berstatus kontak erat. Di Klaten Utara belum ditemukan suspek hingga, Kamis (10/12/2020). Di Klaten Utara terdapat enam desa dan dua kelurahan.

Republik Cheska Mundur dari Moto GP 2021, Peluang Emas GP Indonesia

"Lantaran kasus Covid-19 di Klaten Utara masih tinggi, kami harus menyiapkan berbagai fasilitas yang ada. Di antaranya adalah gedung isolasi mandiri. Saat ini, kami mulai membersihkan eks gedung Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dissos P3AKB) Klaten yang berada di Bareng Lor. Itu hanya untuk ngawekani. Harapan kami, gedung itu tidak dipakai [kasus Covid-19 segera turun drastis]," kata Camat Klaten Utara, Widayatna, saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (11/12/2020).

Hal senada dijelaskan Sekretaris Kecamatan Klaten Utara, Nindyarini Budi Wardhani. Penggunaan eks gedung Dissos P3AKB Klaten di Bareng Lor sebagai gedung isolasi mandiri skala kecamatan masih sebatas rencana. Hingga sekarang, pemerintah Kecamatan Klaten Utara masih berusaha mencari gedung alternatif lain yang bisa difungsikan sebagai ruang isolasi mandiri tingkat kecamatan.

"Dalam kondisi seperti ini, yang kami lakukan adalah menyiapkan lokasinya. Itu pun masih wacana juga [menjadikan gedung eks Dissos P3AKB sebagai tempat isolasi mandiri]," katanya.

Bersihkan Gedung

Lurah Barenglor, Kecamatan Klaten Utara, Suleksi Ekawati, mengatakan berbagai perwakilan sukarelawan di Klaten Utara mulai membersihkan gedung eks Dissos P3AKB Klaten yang berada di wilayahnya.

"Gedung ini sudah kosong sejak empat tahun terakhir. Harapan kami, kasus Covid-19 di Klaten Utara segera menurun drastis sehingga gedung ini tak perlu digunakan sebagai ruang isolasi mandiri," katanya.

Sabtu, PPK 12 Kecamatan Di Sukoharjo Serentak Hitung Perolehan Suara Pilkada 2020

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi Covid-19 di Klaten hingga, Kamis (10/12/2020) telah mencapai 2.291 orang.

Sebanyak 398 orang menjalani perawatan di rumah sakit (RS)/isolasi mandiri. Sebanyak 1.806 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 87 orang meninggal dunia. "Kami mengimbau masyarakat agar lebih disiplin dalam menaati protokol kesehatan," kata Cahyono Widodo.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi