SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona atau Covid-19. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SALATIGA Kasus positif Covid-19 di Kota Salatiga, Jawa Tengah terus mengalami lonjakan signifikan. Bahkan kasus positif Covid-19 di Salatiga mengalami penambahan hingga 38 orang, Selasa (24/11/2020). Peningkatan kasus Covid-19 Salatiga itu membuat tenaga kesehatan kewalahan melakukan tracing.

Jumlah penambahan ini tergolong tertinggi kedua. Sejauh ini, penambahan kasus positif Covid-19 di Salatiga paling banyak terjadi pada Sabtu (21/11/2020), di mana ada penambahan 53 kasus dalam sehari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ini 10 Cara Fengsui Atur Taman Rumah

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah, mengaku tingginya penambahan kasus positif Covid-19 ini sangat mengkhawatirkan. Apalagi, jumlah tenaga kesehatan atau nakes di Salatiga yang menangani Covid-19 terbatas, terutama dalam melakukan tracing kontak erat.

"Satu kasus positif itu kita bisa melakukan tracing 20-30 orang. Kalau yang positif 40-an orang, maka kita bisa tracing sekitar 800 orang. Untuk melakukan tracing tentu kita sangat membutuhkan banyak SDM. Tenaga medis saat ini sudah kewalahan," ujar Zuraidah.

Kewaspadaan Tinggi

Zuraidah pun meminta masyarakat untuk mulai menaruh kewaspadaan tinggi terhadap penularan virus corona. Kewaspadaan itu dilakukan dengan mengubah perilaku sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Salatiga, termasuk dengan tracing.

Jerapah Putih Terakhir Bertahan di Kenya

"Apa kita mau tetap berkerumun dan tidak melakukan protokol kesehatan? Apalagi, tingkat keganasan virus ini naik 10 kali lipat. Persebarannya juga meningkat 20 kali lipat dibanding sebelumnya," jelas Zuraidah.

Sementara itu, hingga saat ini total kasus Covid-19 di Salatiga mencapai 551. Perinciannya, 384 orang dinyatakan sembuh, 153 orang masih menjalani isolasi, dan 14 orang dinyatakan meninggal dunia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya