Kasus Covid-19 Perkantoran Karanganyar Muncul Lagi, Terbaru di 2 Kantor Ini
Ilustrasi virus Corona. (Bisnis-Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Persebaran Covid-19 di kantor masih terjadi di Kabupaten Karanganyar. Informasi yang dihimpun Solopos.com, hingga Rabu (20/1/2021), terjadi kasus baru Covid-19 di dua kantor.

Satu kantor instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar, yakni Dinas Perhubungan (Dishub), dan satu lagi instansi vertikal di Kabupaten Karanganyar.

Pimpinan instansi vertikal tersebut tidak berkenan apabila wartawan menuliskan nama instansi tempatnya memimpin. Tetapi dia membenarkan bahwa sejumlah pegawainya terkonfirmasi positif Covid-19.

Viral Tanda SOS di Pulau Laki Kepulauan Seribu, Basarnas Tanggapi Begini

Solopos.com memperoleh informasi puluhan orang terkonfirmasi positif Covid-19. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar melakukan pelacakan kontak erat terhadap rekan kerja dan keluarga pegawai di kantor tersebut.

Pelacakan keluarga dilakukan puskesmas setempat. Sekretaris Dinkes Kabupaten Karanganyar menuturkan kasus persebaran Covid-19 di instansi vertikal itu berawal dari dua orang.

"Kemudian kami lalukan tes swab PCR Covid-19 terhadap seluruh pegawai. Dilakukan bertahap. Hasilnya ada tambahan positif," ungkapnya saat dihubungi Solopos.com, Senin (18/1/2021).

PPKM, Bupati Wonogiri Izinkan PKL Layani Pembeli hingga Pukul 22.00 WIB

Dinkes menyarankan pimpinan instansi vertikal itu agar menutup sementara pelayanan langsung di kantor. Pertimbangannya jumlah pegawai yang tersisa atau yang dinyatakan negatif Covid-19 tinggal separuh.

Purwati menyampaikan kondisi pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah orang tanpa gejala (OTG).

"Mereka isolasi mandiri. Pegawai yang menunggu hasil tes swab PCR pun sudah kami minta menunggu hasil sembari isolasi mandiri. Biar tidak menyebar. Kantor akan ditutup hingga Jumat. Pelayanan di kantor itu dilakukan secara online," ungkapnya.

Mobilitas ke Sejumlah Wilayah

Purwati menjelaskan dua orang yang terpapar kali pertama diduga karena mobilitas. Kasus pertama mobilitas dari Karanganyar-Yogyakarta. Kasus kedua karena mobilitas ke sejumlah wilayah. Hal tersebut berkaitan dengan pekerjaan mereka.

Kasus lain terjadi di kantor Dishub Kabupaten Karanganyar. Sebanyak lima orang terkonfirmasi positif Covid-19. Kepala Dishub Kabupaten Karanganyar, Sri Suboko, membenarkan informasi tersebut.

"Betul, tetapi kami tidak tahu penyebabnya dari mana. Lima orang tersebut empat orang isolasi mandiri dan satu orang mendapat perawatan di rumah sakit. Satu orang itu mendapat perawatan di rumah sakit Kediri karena keluarganya di sana," ujar Suboko saat dihubungi Solopos.com, Rabu (20/1/2021).

Uji Coba, Begini Cara Naik KRL Yogyakarta-Solo dengan Tarif Rp1

Suboko menyampaikan kasus tersebut menjadi kasus kali kedua di Kantor Dishub Kabupaten Karanganyar. Sebelumnya pernah terjadi pada Desember 2020. Satu orang terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini yang bersangkutan sudah sembuh dan kembali bekerja.

"Pelayanan tidak masalah. Kami mengatur pelayanan agar tidak terlalu banyak. Mengingat tiga orang penguji kami terkonfirmasi positif Covid-19. Ini masih ada delapan orang penguji," urai dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom